Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Kebiasaan Merokok Menyebabkan Stroke

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di Indonesia. Merokok dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan terserang berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah Stroke.

Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. 

Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke adalah penyebab kematian yang ketiga di Amerika Serikat dan banyak negara industri di Eropa (Jauch, 2005). Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Beberapa tahun belakangan ini makin populer istilah serangan otak. Istilah ini berpadanan dengan istilah yang sudah dikenal luas, "serangan jantung".

Stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli. Emboli bisa berupa kolesterol atau udara.

MEROKOK SALAH SATU PENYEBAB STROKE

Studi membuktikan bahwa seorang perokok berisiko dua kali lipat terkena iskemik stroke (yaitu akibat dari pembekuan darah pada otak), berisiko empat kali lipat terkena hemoragik stroke (yaitu pecahnya pembuluh darah) dan perokok cenderung terkena stroke di usia yang jauh lebih muda dibanding yang bukan perokok. Selain stroke, merokok juga dapat menyebabkan aterosklerosis (atau penumpukan plak didalam pembuluh darah dan dapat membuat darah menjadi beku).


Dalam penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh Mazzone dkk, ternyata diketemukan bahwa plak aterotrombotik yang terbentuk tidak hanya disebabkan oleh deposit lemak, plak aterotrombotik juga dapat terbentuk akibat efek dari rokok, atau lebih tepatnya efek dari asap rokok dimana di dalam asap tersebut terkandung lebih dari 4 juta bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. 


Asap rokok tersebut bersifat aterogenik yang meningkatkan resiko iskemik pembuluh darah seperti infark miokard akut (IMA) dan stroke. Pajanan asap rokok dapat berimbas kepada sawar darah otak (BBB). Sawar darah otak ini berperan penting dalam mempertahankan homeostasis otak terhadap zat-zat yang memasuki otak. Setiap gangguan yang mempengaruhi fungsi sawar darah otak mungkin memiliki efek sekunder terhadap aliran darah otak (ADO), tonus vascular, dan mempengaruhi transportasi di mikrovaskular endotelium.

Data terbaru menunjukkan bahwa perokok kronis memiliki insidensi yang lebih tinggi terhadap terjadinya iskemik pembuluh darah kecil, suatu kondisi patologis yang ditandai dengan kebocoran pembuluh darah kecil dan hilangnya integritas sawar darah otak. Terjadinya kondisi patologis ini disebabkan adanya efek prokoagulan dan aterogenik pada asap rokok.

Dengan bahaya yang cukup kompleks, akankah anda masih melanjutkan kebiasaan merokok?
Berhentilah Merokok Dari Sekarang!

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post