Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Gumuk Pasir Parangkusumo


Gumuk Pasir Parangkusumo

Harga tiket masuk: gratis (hanya membayar parkir mobil Rp 5000,- dan motor Rp 3000,-)

Sungguh mengherankan ternyata Indonesia memiliki sebuah gurun pasir. Fenomena unik ini berada di dekat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Warga sekitar menyebutnya dengan Gumuk Pasir. Asal nama Gumuk Pasir berasal dari bahasa Jawa yaitu gundukan pasir yang menyembul ke atas. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari kota Jogja. Gumuk Pasir memiliki panjang 15,7 km dari hilir Sungai Opak menuju Pantai Parangtritis dan 2km dari garis pantai


Gumuk Pasir ini menjadi fenomena yang unik dan tidak biasa lantaran seharusnya fenomena ini terjadi pada daerah kering, dan bukan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Fenomena gumuk pasir ini hanya satu-satunya dikawasan Asia Tenggara dan hanya terdapat di 4 negara.

Fenomena gumuk pasir terbentuk melalui proses panjang selama ribuan tahun. Pada mulanya terbentuk dari hembusan angin yang membawa pasir-pasir dari material vulkanik Gunung Merapi, lalu pasir ini terbang ke arah laut. Kemudian menyatu dengan air dan menjadi pasir halus. Proses ribuan tahun membuat pasir-pasir halus terbentuk menjadi bukit pasir seperti saat ini.


Keunikan lainnya, yaitu perubahan suhu ekstrim pada siang ke malam hari. Di siang hari, Gumuk Pasir akan berudara sangat panas sementara pada malam hari sangat dingin, persis seperti temperatur di Gurun Sahara.Keindahan dan keunikan Gumuk Pasir ini menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang menarik. Bahkan Gumuk Pasir pernah dijadikan lokasi syuting video klip untuk artis Agnes Monica dan band Letto.

Selain menarik untuk dijadikan tempat berfoto dan melihat sunset, terdapat hal seru lainnya yang bisa kita lakukan di gumuk Pasir. Kegiatan seru itu adalah sandboarding. Sandboarding merupakan olahraga permainan menggunakan papan seluncur yang dipergunakan di atas pasir. Namun penyewaan Sandboarding belum ada disana dan hanya milik Mapala UGM. Sehingga kita harus mendaftar dulu sebelumnya.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post