Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Goa Cerme Yogyakarta

Gua Cerme merupakan salah satu gua yang berada dalam kawasan karst Pegunungan Sewu. Gua sepanjang 1,5 km ini dialiri oleh sungai bawah tanah, dan sudah dikenal sebagai gua wisata sejak tahun 1980-an. Ada banyak komponen yang menghiasi gua ini seperti stalagtit, stalakmit, pilar, sodastraw, flowstone, dan masih banyak lagi. Selain bermacam-macam ornamen, Gua Cerme juga menjadi rumah bagi ribuan kelelawar. Karena itu gua ini memiliki cukup bau kelelawar.

Gua Cerme juga memiliki banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.

Kata cerme sendiri berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.


Bagi pecinta petualangan, Gua Cerme merupakan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Setelah berjalan kaki menyusuri lorong gua dan aliran sungai bawah tanah, Anda akan tiba di salah satu bagian berupa air terjun mini. Saat musim penghujan, aliran di air terjun ini sangat deras. Biasanya pemandu hanya mengantarkan sampai bagian ini lantas kembali lagi ke mulut gua. Namun jika Anda pecinta petualangan, Anda diwajibkan menaiki air terjun ini dan melanjutkan aktivitas penelusuran gua hingga pintu keluar.

Selain sebagai tempat uji adrenalin, Gua Cerme juga sering digunakan sebagai tempat mencari wangsit atau tempat bertapa orang-orang yang memiliki keinginan khusus. Karena itu jangan heran jika terkadang di beberapa sudut terdapat sesajen dan bunga mawar.

Waktu yang diperlukan untuk menyusuri Gua Cerme bervariasi. Wisatawan biasanya memerlukan waktu 1,5 sampai dua jam.

Lokasi

Secara geografis, Gua Cerme masuk ke dalam dua kabupaten. Mulut gua terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sedangkan pintu keluar gua sudah masuk dalam kawasan Ploso, Giritirto, Panggang, Gunungkidul.

Tinjauan

Goa Cerme berjarak sekitar 20 km dari Jogja. Jika membawa kendaraan pribadi, dari Terminal Giwangan silahkan lurus terus melewati Jalan Imogiri Timur kemudian ikuti petunjuk arah menuju Gua Cerme. Selepas daerah Selopamioro jalanan akan menanjak, jadi pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mencapai Goa Cerme menggunakan kendaraan umum. Dari terminal Giwangan silahkan naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Sesudah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kompleks Goa Cerme. Disarankan untuk mengunjungi Gua Cerme pada pagi hari, sebab biasanya bus paling akhir yang membawa penumpang dari Cerme ke Jogja adalah pukul 14.00 WIB.

Tiket dan Tarif
Tiket masuk: sekitar Rp 5.000 / orang
Pemandu: Rp 35.000 / kelompok

Jika kita datang bersama teman-teman caver biasanya tidak perlu menggunakan jasa pemandu, cukup membayar tiket masuk. 

Bagaimana, Anda tertarik datang ke Goa Cerme?

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post