Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Bahaya Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

Karang gigi atau "kalkulus gigi" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Karang gigi melekat erat dengan gigi dan hanya bisa di bersihkan dengan scaller, atau alat ekstraktor oleh dokter gigi. Warna karang gigi mula-mula kuning, lama-kelamaan dapat berwarna coklat atau kehitaman sesuai dengan kebiasaan seperti merokok atau minum kopi.

Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis (bau mulut). Selain itu masih banyak hal yang sangat berbahaya jika karang gigi tidak segera dibersihkan.

BAHAYA KARANG GIGI


1. Menyebabkan Stroke dan Serangan Jantung
Menurut pernyataan Dr. Marjorie Jeffcoat, DMD, juru bicara American Dental Association yang dirilis oleh Yahoo Health, plak pada gigi (bakteri yang hidup diantara gigi dan gusi) muncul karena kebiasaan buruk dalam merawat gigi dan mulut. Penelitian menemukan bahwa peradangan pada saraf yang terhubung ke otak (dimana salah satunya adalah saraf pada gigi) membuat seseorang mengalami stroke dan peradangan pada mulut dapat mempengaruhi jantung orang tersebut.

2. Membahayakan Kandungan
Wanita hamil seringkali mengalami peradangan pada gusi dan menyebabkan gusi rentan mengalami pendarahan atau yang disebut gejala gingivitis. Gejala gingivitis yang parah selama kehamilan seringkali dikaitkan dengan kelahiran premature. Untuk itu jangan menganggap remeh peradangan gusi pada ibu hamil.

3.Memperparah Diabetes
Jika Anda menderita diabetes, maka masalah gusi dan karang gigi jangan dianggap remeh. Jika Anda bisa mengendalikan masalah radang gusi dan karang gigi, maka masalah diabetes Anda akan lebih terkendali.

CARA MENGATASI
  1. Menyikat gigi secara teratur dan benar
  2. Kumur air putih setelah makan
  3. Membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang gigi (dental floss)
  4. Kumur dengan menggunakan mouthwash
  5. Makan buah dan sayur yang mengandung banyak serat
  6. Kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Berkonsultasilah ke dokter gigi, dokter akan memeriksa apakah ada karang gigi atau karies pada rongga mulut anda.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post