Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Polda DIY Ungkap Kejahatan Dunia Maya

Kombes Pol Antonius Pujianito SH  didampingi Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pujiastuti beserta EK
  SLEMAN - Satu penipuan online dibongkar Direktorat  Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus)  Polda DIY . Kebenaran kabar itu disampaikan  Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY Kombes Pol Antonius Pujianito SH  didampingi Kabid Humas Polda DIY AKBP Any Pujiastuti  kepada sejumlah wartawan di Aula Gedung Direskrimsus Polda DIY, Rabu (23/3/2016) pagi.

" Kali ini diamankan pria berinisial  EK (23) yang diduga melakukan penipuan online dan  telah ditetapkan sebagai tersangka serta   langsung  dilakukan penahanan terhadapnya, hal ini dilakukan untuk berikan efek jera bagi para pelaku "terangnya.

Berawal dari laporan salah satu warga Yogyakarta , anggota melakukan pengembangan kasus sehingga bisa mengendus keberdaan pelaku, EK  ditangkap saat sedang berselancar didunia maya  pada sebuah warnet  di kawasan Pasar Ancol Bandung pada 12 Maret 2016.

"Modus kejahatan dilakukan dengan cara membuat toko online dan memajang nomor hp didalamnya, saat pembeli (korban) memesan barang , tersangka meminta transfer  sejumlah uang. Setelah dikirimkan sejumlah uang , tersangka tidak segera mengirimkan barang pesanan, karena menurut pengakuannya barang tersebut tidak ada dan hanya akal-akalan saja, barang barang rupa labtob, buku dan " katanya.

Foto barang-barang yang dipajang dalam toko onlinenya merupakan gambar hasil  mendownload di internet. Saat  pembeli menanyakan pesanan barang, tersangka     mengada-ada dengan memberi nomor resi palsu atau dengan alasan ada kesalahan pada jasa pengiriman.

Hasilnya, diamankan tersangka beserta barang bukti diantaranya 2 buku tabungan bank Niaga dan BNI  beserta ATM , KTP , SIM A , W unit HP merk Polytron type R , beberapa kartu  seluler , beberapa bukti lembar rekening koran dan  9 lembar print screen cara masuk ke OLX serta penawaran barang dari email milik EK.

Lanjut  Antonius   saat ini tercatat ada 10 korban , satu diantaranya  dari kota Yogyakarta yang telah melakukan transaksi di Jalan Mayjen Sutoyo, lainya berasal  Temanggung, Solo, Boyolali, Kalimantan dan Bandung. Para korban sebagian besar telah mentransfer sejumlah uang, ada yang telah mengirimkan  sebanyak Rp 5 juta.

"Tersangka dijerat pada  ketentuan pidana  pasal 45 ayat (2)  seperti yang tertuang dalam pasal 28 ayat (1) atau ayat (2) UU ITE  dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda maksimal Rp 1 miliar, " tutupnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post