Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Titik Nol Kilometer Jogja

Tak jarang sebagian orang masih bingung dimanakah titik nol di Yogyakarta ini? Ada yang menjawab alun-alun utara, di kraton atau bahkan ada tepat diantara pohon beringin yang ada di tengah-tengah alun-alun utara.

Titik Nol kilometer Kota Jogja merupakan sebuah titik yang mnejadi acuan dan penentuan jarak antar daerah di Jogja atau kota-kota lain di luar Yogyakarta. Jadi dimanakah letak titik nol di Jogja? Jawabannya adalah berada di lintasan antara alun-alun utara hingga Ngejaman di ujung selatan Malioboro.

Jika masih belum yakin sebuah papan peringatan resmi yang berada di depan bekas bangunan Senisono dapat menjadi petunjuk di mana tepatnya titik nol kilometer itu berada. Titik itu tentu berada di sekitar perempatan jalan yang ada di depan Kantor Pos Besar. Pada akhir tahun 70-an hingga awal tahun 80-an, di tengah perempatan ini masih terdapat sebuah air mancur kota. Kemungkinan juga letak titik nol kilometer Jogja berada di lokasi air mancur tersebut.

Kawasan di sekitar titik nol kilometer ini sendiri adalah sebuah kawasan wisata sejarah berupa bangunan-bangunan kuno yang sering juga disebut sebagai loji, yakni bangunan-bangunan tua yang besar peninggalan jaman Belanda. Kawasan nol kilometer juga menjadi sentra perekonomian bagi sebagian masyarakat Yogyakarta karena letaknya yang memang strategis. Sebut saja kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, kawasan jalan Kyai Ahmad Dahlan, serta kawasan jalan Wijilan yang tak pernah sepi dan selalu dipadati para wisatawan.

Saat hari mulai sore menjelang malam hari, di sepanjang trotoar yang berada di sekitar perempatan jalan Jend. Ahmad Yani dan jalan KH Ahmad Dahlan menjadi tempat berkumpulnya muda-mudi untuk tempat nongkrong, menghabiskan malam dan juga menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas tertentu untuk berekspresi dan mencari inspirasi. Tak hanya itu saja, Nol kilometer juga biasa menjadi tempat berlangsungnya event-event atau acara-acara besar di Jogja. Di area Monumen Serangan Umum Satu Maret yang juga masih berada di kawasan nol kilometer ini juga sering dipakai untuk konser musik dan pertunjukan seni.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post