Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Mengikuti Kursus

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang patut dipelajari. Saat ini bayak orang yang ingin bisa berbicara, menulis, dan hafal semua aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris banyak membuat siswa frustrasi, karena mereka tidak mengetahui bagaimana metode yang tepat. Sebagai hasilnya, pembelajaran yang mereka lakukan tentu saja sia-sia dan tidak membuahkan hasil dengan signifikan. Namun Bahasa Inggris sebenarnya merupakan salah satu bahasa yang mudah dipelajari karena struktur yang jelas, berikut pembahasannya:

1. Kegagalan Belajar Bahasa Inggris

Mengapa bahasa Inggris itu dianggap sebagai seperangkat keterampilan. Hal ini dikarenakan bahasa adalah sebuah alat. Bahasa adalah sebuah alat yang digunakan oleh umat manusia untuk menyampaikan pesan kepada orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Melalui bahasa, antara orang satu dan orang yang lainnya dapat saling mengerti mengenai pesan yang ingin disampaikan. 

Oleh karena bahasa adalah alat, maka dibutuhkan sebuah pendidikan agar setiap orang dapat mahir menggunakan alat tersebut. Nah, kemahiran menggunakan sebuah alat disebut dengan keterampilan. Nah, cara belajar keterampilan pun berbeda dengan cara belajar ilmu pengetahuan. Apabila Anda telah mengerti hal ini maka Anda dapat segera menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris menurut versi Anda.

Alasan berikutnya yang membuat Anda gagal menemukan cara mudah belajar bahasa Inggris adalah karena Anda tidak memperlakukan bahasa sebagaimana mestinya. Bahasa adalah alat komunikasi. Jadi, apabila Anda ingin serius belajar bahasa Inggris, ya Anda harus segera praktek menggunakan alat (bahasa) itu sebagaimana mestinya sebagai alat komunikasi. Mulai dari sekarang, Anda harus sering-sering berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

2. Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif?

Fokus Pada Input dan Output

Kebanyakan siswa dan guru bahasa Inggris memberikan pemahaman bahwa kunci penguasaan bahasa terletak pada menulis dan berbicara. Memang, itu tidak salah karena banyak orang yang langsung praktik berbicara dengan berani, ia akan terbiasa dan kemudian mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik.

Tetapi untuk lebih cepat, seseorang juga harus mengasah kemampuan mendengar. Kemampuan mendengarkan merupakan salah satu kunci meraih keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris. Untuk itu Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris, teks bahasa Inggris, dan tentu saja film berbahasa Inggris.

Dengan mendengarkan beragam kata dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan mendengarkan bisa meningkat pesat. Anehnya, Anda juga akan meningkatkan kemampuan dengan pesat dalam konteks berbicara. Situasi tersebut telah terbukti dan kemudian, Anda harus menjadi orang berikutnya yang membuktikan hal ini.

Jangan Jadikan Grammar Sebagai Beban

Grammar adalah hal yang penting bagi Anda sebagai pelajar. Mengapa demikian? Karena status bahasa Inggris di Indonesia adalah bahasa Asing, bukan bahasa asli, atau bahasa kedua. Jadi, grammar adalah sebuah hal yang wajib untuk dipelajari.

Kendati demikian, jangan anggap grammar sebagai beban yang mengharuskan Anda untuk menyesuaikannya sesempurna mungkin. Dalam hal menulis, tentu saja grammar penting, namun dalam berbicara bahasa Inggris, kita bisa sedikit memberikan toleransi dengan kesalahan-kesalahan grammatical atau tata bahasa. Namun, maksud dari perkataan yang kita ucapkan harus tetap jelas. 

Grammar itu penting namun jangan sampai mengalahkan keberanian kita untuk mengekspresikan bahasa Inggris.

Vocabulary Lebih Penting Daripada Grammar

Memahami Vocabulary jauh lebih penting ketimbang memahami Grammar, Vocab merupakan dasar kata / kosa kata yang harus anda hafalkan. Untuk menghapal vocab dengan cepat, anda perlu belajar kata-kata sehari hari dan mencoba untuk membuat kalimat dengan kata tersebut. Vocab juga bisa dilatih dengan mengartikan lirik lagu dalam Bahasa Inggris, maupun menonton film.

Terus Mengulang dan Berlatih Perlahan

Kunci dalam cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan melambat dan terus mengulang. Di sekolah, siswa membaca teks terlalu cepat kemudian guru memberikan materi dengan sikap seakan terkejar oleh waktu. Akibatnya pemahaman seringkali tidak maksimal. Siswa hanya akan mendapatkan memori jangka pendek dan guru sulit untuk berhasil dalam mengajar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengulangan yang dilakukan secara terus menerus dan dalam tempo yang lebih lambat akan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik. Siswa harus mendapatkan materi dengan pengulangan hingga belasan kali. Dengan pengulangan tersebut, maka terbentuklah memori jangka panjang. Kemudian, siswa mampu mempelajari bahasa Inggris dengan lebih baik, dan tentu saja efektif.

Itulah beberapa metode cepat untuk belajar Bahasa Inggris dengan cepat, semoga artikel ini sangat membantu.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post