Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Pantai Krakal Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Krakal adalah salah satu pantai dengan pasir putih yang diselingi dengan berbagai bentuk karang dan juga berbagai macam ikan laut yang dapat kita ambil. Pantai Krakal ini terbentang dari rangkaian pantai di sisi tenggara Gunungkidul, adalah Pantai Baron dan Kukup sebagai “teman” dari Pantai Krakal sendiri. Tepatnya di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Letaknya sekitar 38 km dari kota Jogja sendiri, dapat ditempuh antara dua sampai tiga jam menggunakan mobil atau motor. Jika berangkat dari Wonosari, ibukota Gunungkidul, hanya berjarak tempuh 21 km saja.

Pantai Krakal tercipta melalui proses alam yang panjang dan betul-betul alami. Dahulu, Krakal diyakini berada di dasar laut. Namun akibat pengangkatan kerak bumi, dasar laut itu semakin naik ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan yang terlihat mata. Dengan begitu muncullah Krakal sebagai pantai yang unik dengan berbagai macam isinya.


Panjang pantai Krakal yang kurang lebih mencapai 40.000 meter membuat pantai ini menjadi yang terpanjang di Gunungkidul diantara semua pantai yang ada di sana. Beberapa orang menilai dengan tanpa ragu menyebut Krakal adalah yang terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dengan tebing karang yang cukup menawan. Selain menikmati keindahannya, pengunjung juga dapat bermain-main dengan ombak Krakal yang bisa dibilang aman bagi para pengunjung.


Ada satu hal yang unik di Krakal, yaitu munculnya beragam ikan hias di waktu tertentu. Ketika situasi laut sedang surut, muncullah ikan hias seperti Bustum, Pogat dan Kepe yang mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yang kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut saat musim kemarau datang. Ikan-ikan ini juga diprediksi lebih banyak muncul saat awal bulan dibanding akhir bulan. Dan yang asiknya lagi, anda bisa menangkap sendiri ikan-ikan hias yang muncul dari sela-sela karang yang ada di Krakal.


Jika pengunjung mau menginap di dekat pantai, anda bisa menginap di hotel Herlois yang tidak jauh dari lokasi Krakal. Pengunjung juga dapat menikmati pantai-pantai lain yang berdekatan dengan Krakal, yaitu Baron, Kukup, atau Sundak. Untuk masuk ke objek wisata ini, dikenai biaya Rp 1.000,- untuk motor dan Rp 2.000,- untuk mobil.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post