Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Dipaksa tangan Surat Perjanjian Hutang Piutang , Keluarga Dasman Merugi Rp 980 Juta


Dasman Bin Sukardi (Baju Putih) didampingi orang tuanya, Sukardi (berpeci) saat  di Mapolres Magelang


MAGELANG  -Merasa rugi  sebesar Rp 980 juta akibat tindak pidana pengrusakan dan pencurian di rumah orang tuanya  , Dasman Bin Sukardi  (37) warga dusun Kertodadi RT 001 RW 002 Bumirejo Kaliangkrik Magelang  terpaksa harus membawa  perkara ini ke Polres Magelang  karena tak ada upaya  penyelesian damai dengan terduga para pelaku.


Melalui Laporan Polisi yang bernomor LP/B/26/II/2016/ Jateng/Res Mgl tertanggal 5 Februari 2016 disebutkan  bahwa telah terjadi tindak pidana pengrusakan sebagaimana dimaksud dalam  406 KUHP  dan percurian di  pasal 362 KUHP sehingga dirinya  mengalami total kerugian Rp 980 juta.
Diceritakan Dasman ,didampingi tim Kuasa Hukum dari NOVWENI & Rekan terdiri Mohamad  Novwen SH, Fery Okta Irawan SH MH dan Ganjar Sagita SH 
Awal mulanya seseorang  berinisial Utg (57) menitipkan seorang temannya yang bernama Abu  ke rumah bapak  saya  Sukardi (60)  selama 21  hari abu tinggal di rumah itu, sedang bapak saya tinggal di sebuah mess di Magelang , “ kata Dasman usai melaporkan perkara ini ke Polres Magelang , Jumat (5/2/2016) malam.

Lanjut dia selama di titipkan Abu  meminjam sebuah sepeda motor milik tetangga  yang bernama Yasim dan ternyata sepeda motor itu malah digadaikan  di penggadai wilayah Kalegan, Magelang, mengetahui sepeda motornya di gadaikan, Yasim meminta pertanggungjawaban kepada Sukardi karena Yasim  mengira bahwa Abu masih ada hubungan keluarga.

Karena timbul masalah akhirnya Sukardi menemui Utg (57)  untuk meminta keterangan dan pertangungjawaban sebab telah  menitipkan saudara Abu , mereka  berembug untuk berupaya  menebus motor milik Yasim yang di gadaikan Abu, dan sepakat untuk menjual kambing milik Utg  guna menebus motor milik Yasim,  kambing dijual laku 4jt  lalu uang itu dipakai untuk menebus motor milik Yasim.

Selang beberapa bulan Utg mendatangi Sukardi dan meminta  mengembalikan uang hasil penjualan kambing sebanyak Rp 4 juta beserta bunganya sebanyak Rp 3 juta . Karena sukardi tidak mau ribut dan bermasalah akhirnya dia mau dibuatkan surat perjanjian hutang piutang sebesar Rp 7 juta  dengan jaminan separoh dari rumah  disaksikan Kadus Prampelan yang bernama Sbr.

“Setelah batas waktu yang di janjijkan Sukardi  tidak dapat membayar  sejumlah uang yang di minta Utg dan secara sepihak  Utg menyegel pintu rumah menggunakan  kayu disaksikan oleh Kadus Prampelan juga dan mengatakan  jika  sampai tanggal  25 April 2014 tidak di bayarkan maka rumah akan di bongkar,”paparnya

Tiba batas waktu  Sukardi tetap tidak mampu membayar, pada  tanggal 25  April 2014  ,Utg mengajak 8 orang  untuk membongkar rumah Sukardi, seluruh bangunan rumah di bongkar karena saat pembongkaran Sukardi  sedang berada di Magelang.

“Seluruh bangunan rumah di bongkar, bahkan ada beberapa barang milik bapak saya raib, seperti piring, gelas, televisi 21", peralatan pertanian, peralatan pertukangan, hasil panen tembakau kering  sebanyak 1 kranjang dan bebarapa  benda pusaka keris kuno warisan leluhur serta kayu  bongkaran rumah,” sesal dia.

Pernah dilaporkan perkara ini  ke Polsek Kaliangkrik dan telah dilakukan upaya mediasi antara pihak kami dengan pihak Utg namun hingga saat ini belum membuahkan  hasil, sehingga kita laporkan ke Polres Magelang kali ini, “tutup dia.

Sementara   Mohamad  Novwen SH menegaskan bahwa tanah tersebut dalam kepemilikan SHM atas nama Dasman dan surat perjanjian hutang piutang tersebut isinya tak diketahui sebelum ditandatangani Sukardi serta jaminan separo dari bangunan , pihaknya merasa dirugikan sebesar Rp 980 juta atas tindakan itu.

” Kita laporkan dua  tindak pidana  yakni pada pasal 406 KUHP  tentang pengrusakan dan  pasal 362 KUHP mengenai pencurian  . Klien kami mengalami total  kerugian Rp 980 juta dengan perhitungan kerugian rumah seisinya  sebesar Rp 300 juta, 2 buah keris kecil seharga Rp 80 juta , 6 keris kecil Rp 600 juta, “jelas Novwen.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post