Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » AGUS SANTOSA : " Tidak Benar ,Saya Telah Menjual Tanah Milik Ahli Waris Wongsokariyo"

Foto Ilustrasi Keadilan
SLEMAN - Menepis pemberitaan miring  disebuah media cetak mengenai dirinya atas tuduhan telah menjual tahan milik ahli waris Wongsokariyo yang bernama Ny Sukartini yang terletak di dusun Kledokan Desa Caturtunggal Depok Sleman   , Kepala Desa Caturtunggal Agus Santosa S.Psi  tak tinggal diam bahkan Kades menegaskan bahwa Sukartini tidak termasuk dalam pihak yang ikut berperkara.

Penegasan itu disampaikan Agus Santosa di depan pewarta di Ruang Rapat Desa Caturtunggal , Kamis (18/2/2016) pagi.

Nama Sukartini tidak termasuk dalam pihak yang berperkara dalam gugatan awal  di Pengadilan  Nomor  117/Pdt.G/2000/PN. Slm jo   11/PDT/2002/PTY jo Nomor 27.K/Pdt/2003 jo No 463. PK/Pdt/2010 nama dia mulai muncul saat ada upaya Peninjauan Kembali (PK), “ tegas Agus.

Putusan – putusan dan semua bukti sudah ada dari gugatan di Pengadilan Negeri Sleman hingga PK, Kepala Desa sebagai tergugat XI kalah gugatan di Pengadilan Negeri Sleman hingga kandas juga di tingkat Peengadilan Tinggi (PT) Yogyakarta, namun pada tingkat kasisi dan PK di Mahkamah Agung kita  di menangkan sebagai salah satu tergugat.

Kata dia lagi , bahkan di Polda DIY perkara ini pernah diperiksa , saat itu Ibu Sukartini juga hadir disitu, cuma kemungkinan saat itu Polda DIY belum membuat  berita acara closing  untuk laporan ke Bareskrim Polri ,buktinya hingga saat ini hal tersebut tak bermasalah,”terangnya.

Rekan-rekan juga bisa lihat sendiri salah satu penggugat III yaitu Surtiyah (cicit  dari Wongso Kariyo)  hadir pada kesempatan ini, dan jelas sekali nama Surkartini tidak ada dalam pihak penggugat. Selain penggugat III ada penggugat I Mukiyem (cucu Wongso Kariyo), penggugat II Suparlan , penggugat IV Kardiyono, penggugat V Prapto Wiyono  penggugat VI Ny Mukirah dan penggugat VII Sudirejo al Sudiyono.

Pada putusan gugatan di PN Sleman No 117/Pdt.G/2000/PN. Sleman tanggal 25 Juni 2001 di kabulkan sebagian gugatanya, dinyatakan para penggugat adalah ahli waris almarhum Wongso Kariyo , bahwa dalam letter C desa Nomor 121/Kld Kalurahan Caturtunggal oleh tergugat XI (kepala des Caturtunggal) dari nama Wongso kariyo menjadi Nrimokariyo adalah tidak sah dan merupakan perbuatan melawan hukum.

Lanjut Kades, Putusan PN Sleman tersebut dikuatkan dengan putusan ditingkat PTN Yogyakarta yang beregister 11/PDT/2002/PTY tanggal 13 Februari 2002.

Namun saat kami melakukan upaya kasasi sebagai pemogon kasasi IV   perkara dimenangkan para pemohon kasasi yang diputus pada 1 Juli 2008 dengan amar putusan membatalkan putusan PT Yogyakarta yang dinyatakan dalam putusan No 27.K/Pdt/2003. Sedangkan ditingkat kasasi di Mahkamah Agung   dengan putusan nomor  463.P/Pdt/2010 yang diajukan Prawirowiyono ditolak.

“ Jadi sudah gamblang bahwa proses peradilan dari tingkat pertama hingga tingkat PK sudah memiliki kekuatan hukum tetap , tuduhan telah menjual tanah tersebut tidak benar karena itu terjadi sebebelum dirinya menjabat Kades caturtunggal.  Wong tanahnya saja letaknya dimana saya juga tidak tahu,” kata Agus.

Letter C No 121/Kld atas nama Wongsokariyo dicoret menjadi Nrimokaryo dilakukan sebelum dirinya menjabat Kades Caturtunggal  begitupula peralihan hak atas 12 dan atau 17 bidang tanah yang dituduhkan Sukartini yang dulunya milik Alm Wongsokariyo.

Terkait adanya novum (bukti baru) yang akan diajukan oleh Ibu Sukartini untuk lakukan PK diatas PK ,Agus tak gentar. “ Silahkan kalau adan melakukan upaha PK diatas PK itu kan hak dari Ibu Sukartini. Yang jelas perkara ini telah ingkrah, “ tutupnya.

Turut dihadiri pula pada kesempatan itu Camat Depok Budiharjo , Kepala Bagian Hukum Pemkab Sleman Hery Dwi Kuryanto ,sejumlah BPD Desa Caturtunggal dan salah satu ahli waris alm Wongsokariyo, Surtiyah.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post