Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » 5 Tempat di Jogja Yang Dipercayai Angker

Kota Jogja dikenal sebagai kota pariwisata yang sangat populer saat ini. Namun dibalik keindahaan pariwisata Jogja, ternyata Kota Gudeg ini menyimpan banyak misteri di berbagai tempatnya. Salah satunya adalah Kraton Jogja. 

Tempat-tempat seperti Kraton dipercaya masyarakat terdapat hal-hal mistis yang sering terjadi. Hal ini menciptakan urban legend di masyarakat. Masyarakat Jogja percaya, di banyak tempat di Jogja masih terdapat penunggunya. Namun terlepas dari benar atau tidaknya semua itu, wilayah Jogja merupakan objek wisata, central pendidikan serta budaya yang masih menjadi keunggulan tersendiri dari wilayah lain. Berikut rangkuman info-jogja.com mengenai 5 tempat paling angker menurut masyarakat Jogja.

1. Gedung Bioskop XXI


Gedung Bioskop XXI terletak di Jalan Solo, Gedung ini cukup megah dan memiliki konsep super modern. Namun siapa sangka dibalik kemegahan gedung ini tersimpan sejumlah misteri yang sudah pernah dirasakan banyak orang. 

Banyak orang mengatakan bahwa seringkali terdapat penampakan atau gangguan di Bioskop ini, kebanyakan gangguan tersebut terjadi pada midnight. Bahkan ada cerita tentang penuhnya salah satu studio di XXI saat tengah malam padahal pada saat itu tiket yang terjual hanya 4 orang.

Gedung yang sudah dikenal angker dimasyarakat ini memang memiliki sejarah kelam pada masa lalunya. Pada era dulu tempat ini aslinya adalah swalayan Hero, bioskop Empire, dan bioskop Regent namun pada tahun 1999 tempat ini terbakar, termasuk bioskop Regent dengan 4 studio yang memakan korban kira-kira sebanyak 15 jiwa.

Konon juga kabarnya jika cuma menonton dengan jumlah 4 orang aja maka saat kita memasuki ruangan teater seolah-olah sudah terisi penuh dan kursi kita ada yang menduduki. Setelah konfirmasi kepada petugas barulah diketahui kalau tidak ada yang menonton selain kita. Kenapa angka 4? Karena bioskop Regent yang terbakar habis berjumlah 4 studio, dan konon katanya ada 4 jasad yang belum juga diketemukan hingga saat ini.

2. Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg merupakan benteng terbesar di DIY. Benteng ini terletak di Jalan Jend. A. Yani No.6, lokasinya sendiri cukup dekan dengan Kraton Kasultanan Yogyakarta. Benteng Vredeburg sendiri awalnya adalah benteng peninggalan milik Belanda yang dibuat untuk perlindungan ketika masa masa melawan kraton Jogja. Benteng yang di dalamnya juga terdapat museum ini berbentuk segi empat dengan parit yang mengelilinginya serta empat menara pengawas di sudutnya.

Bangunan tua ini dipercayai oleh masyarakat Jogja memiliki cerita mistik. Masyarakat sekitar menyebut bangunan ini loji. Hal itu dikarenakan diantara bangunan di Vredeburg terdapat loji setan yang dianggap angker. Konon masyarakat sering mendengar suara rintihan kesakitan dan minta tolong. Selain itu, di gedung sebelah timur aula tenggah Vredeburg sering terdengar suara alunan musik khas Belanda yang menyeramkan.

3. Gunung Merapi


Gunung Merapi merupakan tempat yang dikeramatkan oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setiap tahun Keraton selalu mengadakan persembahan (sesajen) kepada Eyang Sapu Jagad yang dipercaya sebagai penguasa Gunung Merapi tersebut. Para pendaki Gunung Merapi banyak yang mengenal istilah "Pasar Bubrah". Ini adalah pasar para makhluk halus yang hanya dapat terlihat oleh mereka yang melamun dan saat tersadar mereka baru menyadari bahwa itu adalah hutan lebat.  Selain itu di Gunung Merbabu yang satu lokasi dengan Gunung merapi di Taman Nasional Merapi-Merbabu ada tempat yang dinamakan Watu Gubug yang diyakini sebagai pintu gerbang menuju kerajaan alam gaib. Percaya atau tidak, itu adalah pilihan dan keyakinan masing-masing.

4. Jembatan Fakultas Pertanian UGM


Ada sebuah jembatan di kampus UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama dengan Fakultas Pertanian, sebelah utara lembah UGM. Di jembatan itu dikenal akan sosok hantu wanita berkerudung, namanya Rohana. Rohana adalah penunggu jembatan Pertanian ini. Saking terkenalnya, Rohana sudah menjadi urban legend yang dipercaya dari generasi ke generasi mahasiswa pertanian UGM.

Pada umumnya para korban yang melihat sosok Rohana adalah mereka pertama-tama melihat wanita misterius itu berjalan di jembatan sampai akhirnya sosok itu melompat ke bawah. Namun saat dilihat ke bawah tak ada siapapun. Sebaiknya hati-hati bila kamu sedang melitas di bawah jembatan pertanian atau ingin mojok di jembatan itu, ya karna keangkerannya itu. Kecuali kalau kamu memang mau ketemu sama hantu di UGM.

5. Pantai Parangkusumo


Mitos keberadaan ratu laut selatan atau Nyi Roro Kidul masih kuat hingga kini. Menurut kepercayaan masyarakat, pantai laut selatan yang paling angker adalah pantai Parangkusumo. Pantai ini merupakan tempat labuhan Kraton Yogyakarta sekaligus dipercaya sebagai pintu gerbang gaib menuju Kraton Laut Kidul. Terdapat pantangan ketika berkunjung ke pantai ini, yaitu larangan mengenakan pakaian berwarna hijau. Hal ini dikarenakan, menurut mitosnya warna hijau merupakan warna favorit ratu laut selatan. Bagi mereka yang menghiraukan pantangan ini akan terseret dan hilang ditelan ombak.

Itulah tempat-tempat yang dipercayai masyarakat Jogja sebagai tempat yang masih ditinggali banyak makhluk halus. Percaya atau tidak percaya, itu kembali ke diri kita masing-masing, namun alangkah baiknya jika tempat-tempat ini kita tanggapi sebagai bahan untuk memperkuat iman kita kepada Tuhan.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post