Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Wisata Alam Kaliurang Yogyakarta

Kaliurang adalah salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sleman yang berada tepat di lereng selatan Gunung Merapi. Kawasan wisata ini terletak di bagian utara Provinsi DIY, 25 km dari Kota Jogja. Tepatnya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Jika kita dibandingkan dengan kawasan wisata pegunungan lain yang serupa di luar DIY, Kaliurang mirip dengan kawasan Puncak di Bogor. Kaliurang sendiri telah menjadi objek wisata sejak jaman penjajahan Belanda. Para penjajah Belanda dipercaya telah terpesona terhadap kealamian alam yang terbentuk di tempat wisata Kaliurang ini.

Berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut membuat udara di Kaliurang ini sangat sejuk dan segar terlebih ketika matahari tertutup awan / saat mendung. Suhunya berkisar 20-25’C. Dari Kaliurang, puncak Merapi nampak jelas walau terkadang juga diselimuti oleh kabut. Di Kaliurang, pengunjung dapat bermain di Taman Rekreasi Kaliurang. Bagi yang mengajak anak-anak, Taman Rekreasi Kaliurang bisa jadi tempat favorit dan mengasikan bagi anak-anak anda. Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal langsung dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Di samping keindahan alam, Kaliurang juga menyimpan sejumlah peninggalan sejarah. Diantaranya adalah Pesangrahan Dalem Ngeksigondo dan Wisma Kaliurang milik Kraton yang pernah digunakan sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah.



Tidak hanya ada taman rekreasi, berbagai faslitas lain tersedia di Kaliurang. Diantaranya gardu pandang, kereta kelinci, area perkemahan,  pos pengamatan Merapi dan rumah ibadah. Jika anda ingin bermalam dan merasakan wisata kaliurang pada malam hari, tersedia pula berbagai penginapan di sana.


Biaya masuk ke Kaliurang dikenakan Rp 1000 untuk anak-anak dan Rp 2000 untuk orang dewasa. Pada hari libur Rp 1500 untuk anak dan Rp 3000 dewasa. Untuk kendaraan juga dikenakan biaya masuk, yaitu Rp. 500 untuk motor dan Rp. 2000 untuk mobil Rp. 3000 untuk bus atau truk.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post