Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Penjelasan Logis Tentang Fenomena "Ketindihan" Saat Tidur

Setiap orang pastinya pernah mengalami sebuah fenomena yang disebut tindihan atau ketindihan satu atau duakali dalam hidupnya. Ketika hal tersebut terjadi, badan kita akan terasa tidak bisa bergerak, tidak bisa berteriak, apalagi untuk bangun. Yang bisa anda rasakan mungkin hanya kepanikan saja seolah kita akan mati.

Biasanya kebanyakan orang menghubungkan/ menafsirkan fenomena ketindihan ini dengan sesuatu yang mistis atau adanya makhluk halus. Padahal, sesungguhnya tidak berhubungan sama sekali dengan sesuatu yang mistis.

Dalam bahasa medis, "ketindihan", disebut dengan sleep paralysis atau lumpuh saat tidur.

"Penyebabnya sebenarnya akibat kita kurang tidur secara ekstrem," kata dr.Andreas Prasadja RPSGT, spesialis tidur.

Ia pun menjelaskan, tahapan tidur yang normal terdiri dari tidur ringan, sedang, dalam, dan tidur mimpi. Tahapan tidur mimpi (REM) ini adalah yang terpenting bagi otak manusia.

"Kalau kurang tidur, misalnya 2-3 hari begadang, maka malam berikutnya kita akan tidur panjang. Ini adalah mekanisme tubuh untuk memenuhi kebutuhan tidur. Istilahnya adalah REM rebound," paparnya.

Nah, ketika badan kita kurang tidur ekstrem, bisa terjadi saat tidur kita langsung masuk ke tahap tidur mimpi. Dalam tahapan tidur ini, otot-otot berada dalam kondisi yang sangat lemah, ini adalah mekanisme alami supaya badan kita tidak bergerak-gerak mengikuti mimpi.

Ada dua hal khas yang biasanya terjadi akibat kita langsung masuk ke tahap REM, yakni halusinasi dan ketindihan.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post