Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Mengenal Makanan Khas Bantul Yang Manis dan Gurih

Tolpit atau disebut juga Adrem adalah salah satu makanan ringan traditional khas Bantul. Tolpit mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Yogyakarta terutama di daerah Kabupaten Bantul. 

Makanan ini dinamakan Tolpit dikarenakan, Warga Jogja sering menyebutnya “Tolpit” yang merupakan singkatan dari “Kontol Gejepit”. Mungkin memang jorok namanya, tapi ini memang merupakan nama asli makanan tersebut.

Cara dan bahan pembuatan kue adrem sangat sederhana dan mudah. Bahan utamanya adalah tepung beras, kelapa parut dan gula merah atau gulajawa. Campuran tepung beras dengan kelapa parut kemudian dicampur kembali dengan gula merah yang sudah dilelehkan. Adonan kemudian ditumbuk sampai legit untuk selanjutnya adonan kue dicetak. Bentuk bulatan kecil-kecil seperti bakso lalu dipipihkan di atas daun pisang kemudian di goreng hingga mengembang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Yang unik dari kue adrem adalah bentuk lekukan pada kue yang dibuat dengan cara dijapit dengan bilah bambu saat masih di atas wajan. 

Tolpit atau disebut juga Adrem Makanan khasnya Bantul yang satu ini disamping rasanya manis dan gurih juga memiliki nama yang unik. Penganan yang terbuat dari adonan tepung beras yang ditambah dengan gula jawa, kemudian digoreng, paling enak dimakan selagi hangat. Tolpit paling sering dijumpai di pasar Turi dusun Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul. Namun Tolpit aslinya dari daerah kecamatan Saden (Bantul).

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post