Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » M. Ilyas : Belum ada Perhatian Pemerintah dengan keberdaan Ternak Babi di Gancahan VIII



SLEMAN –  Polemik keberadaan ternak Babi di dusun Gancahan Sidomulyo  yang sempat terkatung – katung beberapa waktu yang lalu akhirnya mulai reda , setelah pemilik merelakan untuk mengosongkan kandang ternak dari hewan peliharaan babi, Jumat (22/1/2016).

Tim pengacara Peternak Babi di RT 07 RW 18 Dusun Gancahan VIII Sidomulyo, Godean, Sleman, yang diketuai oleh Muhammad Ilyas SH menyayangkan tak adanya   perhatian  Pemerintah  dengan keberadaan ternak ini, padahal usaha ini telah menjadi mata pencarian pokok berpuluh-puluh tahun.

Kami tetap akan mematuhi  peraturan pemerintah, apapun persyaratan untuk legalitas ternak Babi di Kabupaten Sleman akan kami penuhi. Penutupan ternak ini tidak bisa serta merta dilakukan sebab usaha ini merupakan mata pencarian warga yang telah dilakukan puluhan tahun,”terangnya disela-sela pemindahan hewan babi di dusun Gancahan , Jumat (22/1/2016) siang.

Pihaknya menyayangkan tidak adanya pembinaan dan pendampingan dari instansi terkait, padahal telah dilakukan laporan ke UPT yang menangani peternakan. “ Selama ini tidak ada pembinaan dan pendampingan kepada para peternak babi didaerah ini, kita akui kita salah secara legalitas  ”katanya.

Hari ini kita kosongkan kandang tersebut  dari aktifitas ternak apapun sesuai perintah Pol PP Kabupaten Sleman , pada akhir Bulan Januari ini  akan segera dibentuk paguyuban peternak hewan babi selanjutnya akan diupayakan perijinannya sesuai aturan yang berlaku, “tutupnya.

Kepala satuan Polisi Pamong Praja  Kabupaten Sleman Joko Supriyanto melalui Kepala Seksi Penegakan Perda bidang Penegakan Peraturan Perundangan  , Rusdi Rais kepada info-jogya.com menegaskan bahwa hari ini merupakan upaya pembersihan kandang dengan mengeluarkan seluruh babi .

“ Bukan, bukan penutupan , hari ini kita berupaya  mengeluarkan dan memindahkan   seluruh babi yang dikembangbiakkan  di kandang tersebut,  kepada pemilik dihimbau  segera lakukan  negosiasi dengan masyarakat karena  sejak dibuka usaha ini belum pernah digelar  sosialisasi dengan warga ,” paparnya saat berada dilokasi.

Upaya ini dilakukan karena lokasi ternak ini belum mengantongi ijin sesuai perundang- undangan yang berlaku, sebelum kita tutup paksa makanya kita perintahkan untuk segara  memindahkan seluruh hewan  babi pada hari ini,” tegas Rusdi.

Sementara Kapolsek Godean Kompol Verena Sri Wahyuningsih mengatakan bahwa pengamanan hari ini dimaksudkan untuk memastikan agar jalannya pengosongan babi pada hari ini  berjalan kondusif.

“ Pemilik ternak telah berkomitmen untuk mengosongkan babi-babi dari lokasi ini pada hari ini, kepolisian berupaya lakukan pengamanan agar kondusif, apalagi ada kabar bahwa pada pada tanggal 24 Januari 2016 akan digelar pengajian diwilayah ini, ‘ paparnya.

Penulis : Eko Purwono


About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post