Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Berwisata sambil Berobat di Parang Wedang Bantul



 Foto  Pengunjung Parang wedang usai mengunjungi Obwis Parang Wedang
BANTUL - Berwisata ke  Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan  menikmati kemolekan pantainya sangatlah  mengasyikan tentunya. Sebenarnya  ada tempat yang lebih menarik saat kita memasuki areal Parangtritis , berwisata sekaligus terapi pengobatan alami.

   Ya... Parang Wedang namanya  , ditempat ini terdapat  pemandian yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan untuk tubuh dan kulit karena  berbagai jenis kandungan  kimia  berupa  zat mineral seperti Na, Cl, dan Mg terdapat dalam sumber air ini. Yang unik adalah bahwa air tersebut tidak mengandung sulfur seperti sumber air panas pada umumnya.

Menurut penjaga pos tiket masuk Parang Wedang , Lastri,  Air Parang Wedang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal, kurap, kudis dan lain-lain. Beberapa penyakit lain yang diyakini dapat disembuhkan dengan air hangat Parang Wedang adalah rematik dan stroke. Untuk rematik dan terapi stroke, seseorang disarankan untuk mandi di Parang Wedang setiap hari selama satu bulan. Sedangkan untuk penyakit kulit, terapi setiap hari selama seminggu sudah cukup,"terang saat berbincang dengan info-jogya.com , Minggu (27/12/2015).

Lanjut Lastri jumlah pengunjung saat liburan bisa mencapai 50- 100 orang. Berbeda saat hari biasa hanya berkisar 30 orang. Tarif untuk menikmati air parang wedang sangat murah, cukup Rp 4000,- pengunjung dapat berrekreasi semari berobat. Tersedia 4 kamar mandi air Parang wedang yang diperuntukkan untuk umum . Perlu kesabaran karena harus menunggu antrian saat pengunjung membludak.Tempat ini setiap hari dibuka untuk umum pada jam 07.00 - 16.00 WIB," jelas Lastri .

 Informasi tersebut dibenarkan pula oleh salah satu petugas parkir di tempat itu, RM Nurdiyanto
“ Lumayan mas kalo liburan begini, pengunjungnya bisa mencapai 50 orang lebih,   disediakan juga parkir baik motor maupun mobil dengan tarif Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil, ''terangnya.

Salah satu pengunjung Sri Partini (60)  asal Sleman mengaku berwisata ke Parang Wedang hanya berniat mencoba khasiat air parang wedang, untuk penyembuhan kakinya  yang gatal-gatal.

 " Saya sengaja bersama keluarga datang ke parang wedang untuk melakukan pengobatan, cukup panas juga air itu, sekitar 20 menit kaki saya rendam ,  ya saya yakin saja dengan khasiat air ini,"singkatnya.

Menutut informasi yang di peroleh info-jogya.com dari berbagai sumber . Keberadaan tempat ini tidak lepas  dengan Karaton Yogyakarta. Nama Parang Wedang , kata parang merupakan bahasa jawa yang diartikan  karang  dan wedang yang berarti air panas. Air panas tersebut tak pernah berhenti keluar meski musim kemarau.  Setiap saat tidak pernah sepi pengunjung, jaraknya hanya sekitar 500 meter dari bibir  pantai , letaknya dipinggir jalan Jogya –Parangtritis,  berdekatan dengan Polsek Kretek Bantul, sehingga mudah dijangkau wisatawan.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post