Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Manusia

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ulasannya.

MANFAAT BROKOLI


1. Menjaga Ketajaman Penglihatan
Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Memiliki kulit cantik, sehat dan terbebas dari segala permasalahannya adalah impian semua orang. Bukan cuma wanita. Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

3. Mengontrol Tekanan Darah
Dengan kandungan kalium dan magnesiumnya yang tinggi, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Nah, brokoli ini merupakan sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Selain kalsium masih ada vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Dan antioksidannya merupakan detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Membersihkan Kulit
Ingin kulit Anda terlihat lebih bersih? Konsumsilah brokoli sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses doteksifikasi kulit.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post