Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Jangan anggap sepele tugas Pengawas TPS


SLEMAN - Sebanyak 118 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-kecamatan Tempel Kabupaten Sleman secara resmi dilantik sekaligus diambil  sumpah oleh  Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan di aula Balai Desa Margorejo Tempel , Senin (16/11/2015).

" Ada yang berbeda pada penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 yang digelar serentak  ini, begitu juga di Kabupaten Sleman. Berkaitan dengan pengawasan Bawaslu RI membentuk pengawas TPS yang ditempatkan dan bertugas mengawasi tahapan pemilihan menjelang, pada saat dan setelah pemungutan suara. Mereka bertugas mengawasi kemungkinan terjadinya pelanggaran dan wajib memperoleh salinan Berita Acara dan lampiran hasil rekapitulasi KPPS di TPS," kata Ketua Panwas Kecamatan Tempel, Purnomo seusai acara digelar.
Regulasi yang mendasari dilakukanya perekrutan pengawas ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan penetapan pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU. Pengawas TPS terpilih setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan wawancara yang dilakukan Panwas Kecamatan Tempel. Masa kerjanya terhitung sejak  23 hari menjelang tanggal pencoblosan 9 Desember 2015, dan berakhir pada 7 hari setelah hari H.
Camat Kecamatan Tempel Wildan Solichin MT kepada pengawas TPS terpilih agar bekerja sesuai dengan  porsi ketugasanya secara jujur dan adil." Kepada pengawas  TPS kita harapkan bersungguh -sungguh dalam bertugas , pengawas TPS merupakan kelengkapan pengawasan yang baru , selama ini belum pernah ada pengawas TPS sehingga  diperlukan keseriusan dalam menjalankanya , jangan anggap sepele tugas ini, jalankan fungsi ketugasan sesuai porsinya saja jangan melebihi ataupun menguranginya, semua dijalankan sesuai regulasi yang berlaku secara jujur dan adil, yang lebih penting lagi selalu lakukan koordinasi dengan pihak berwajib dalam  pengambilan keputusan terkait pengawasan, bisa dengan jenjang diatasnya, pihak kepolisian  ataupun dengan trantib di kantor kecamatan , " kata Wildan.

Dalam hal pengamanan kepolisian Sektor Tempel menerapkan sandi 2- 5-10 seperti yang dijelaskan Kapolsek Tempel Kompol Hendri Multi disela-sela acara itu. " Kita terapkan sisitem pengamanan 2-5 -10 yakni 2 anggota kepolisian mengamankan 5 TPS dibantu 10 anggota linmas , dirinya berharap dengan cara ini pengamanan jalanya tahapan  pemungutan suara di TPS akan lebih optimal ,mengenai tingkat kerawanan di wilayah Tempel  tidak termasuk rawan namun tetap kita perkuat pengamanannya,"paparnya.

Pada kesempatan tersebut turut  hadir pula Danramil 04/ Tempel Kapten Rejo Mulyo , Kepala KUA Kecamatan Tempel Ujang Sihabudin S Sg .Setelan pelantikan akan  dilanjutkan bimbingan teknis kepada seluruh pengawas TPS oleh panwas Kecamatan Tempel pada pekan depan .

Penulis : Eko Purwono




About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post