Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Yuk Ketahui 5 Fakta Yang Menyelimuti Candi Prambanan

Candi Prambanan, merupakan salah satu peninggalan sejarah Dunia yang hingga saat ini masih berdiri dengan kokoh di Daerah Istimewa Yogyakarta dan telah menjadi tempat wisata terkenal di Yogyakarta.

Namun mungkin sebagian dari kita belum mengetahui fakta-fakta yang menyelimuti Candi Prambanan ini, maklum pada zaman modern saat ini mungkin hal-hal seperti ini sudah mulai dilupakan. Jadi apa saja fakta-fakta tersebut?

Berikut adalah 5 Fakta yang terdapat pada Candi Prambanan : 

1. Merupakan Candi Menara Sudut yang paling suci
Walaupun bukan menjadi candi utama yang menyimpan patung Mahadewa Siwa, menurut pengelola Prambanan, Candi Menara Sudut merupakan wilayah paling suci di kompleks Candi Prambanan.

2. Merupakan Candi Siwa terbesar
Candi Siwa, candi tertinggi dalam kompleks Candi Prambanan adalah bangunan pemujaan Siwa terbesar yang berada di Indonesia. Puncaknya terhitung sampai 47 meter. Dugaan sejarawan, saat Prambanan dibangun pada abad ke-9, agama yang dianut Kerajaan Medang Mataram beralih dari Buddha Mahayana ke pemujaan terhadap Dewa Siwa. 

3. Menyerupai Replika Gunung Mahameru
Bernama asli Siwagrha, Prambanan dirancang menyerupai rumah Siwa. Artinya meniru bentuk dari gunung suci Mahameru, tempat dewa bersemayam.

Setiap bagian dari kompleks candi juga nampak meniru pola alam semesta yang dianut oleh kosmologi Hindu. Terbagi menjadi beberapa lapis loka, mulai dari yang kurang suci sampai yang paling suci.

4. Halilintar
Coba lihat puncak dari Prambanan. Ada semacam mahkota, disebut puncak mastaka, yang melambangkan intan atau halilintar.

5. Searah jarum jam
Kalau mau mengikuti kisah Ramayana yang menghiasi lorong-lorong Candi Siwa, anda harus masuk dari sisi timur lalu pradakshina. Yang disebut pradakshina adalah jalan memutar sesuai arah jarum jam. Lanjutan dari cerita Ramayana bisa kamu temukan di Candi Brahma yang terletak di sisi selatannya.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post