Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Tachrir Fathoni : Pemerintah akan fasilitasi Pemda yang peduli Kehati

YOGYAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial , Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem selenggarakan Lokakarya Taman Keanekaragaman Hayati di Grand Zuri Hotel Yogyakarta ,Kamis (28/10/2015).


Tujuan digelarnya lokakarya yakni  untuk menggalakan pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati (Taman Kehati) dan pengembangan program taman keanakaragaman hayati di daerah untuk perlindungan dan pelestarian jenis local dan atau langka serta menambah taman public.

 " Program taman keanekaragaman hayati bertujuan untuk mendukung pencadangan sumber daya alam hayati guna penyelamatan berbagai jenis tumbuhan lokal yang memiliki ancaman tinggi. Perlu adanya kawasan-kawasan yang dilindungi seperti cagar alam , hutan lindung  dan sebagainya, "terang Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  RI, Dr. Ir Tachrir Fathoni M.Sc kepada wartawan seusai membuka acara ini.

Pihaknya  mengakui adanya hambatan dalam penyelamatan hutan hayati seperti adanya perambahan hutan, Perubahan iklim dan kebakaran hutan. Khusus dalam hal penanganan kebakaran yang menjadi isu saat ini , Kementerian kami telah menyusun langkah yang memfokuskan  pencegahan yang akan dimulai pada 1 Januari 2016  dengan cara to wet yakni di upayakan pembasahan pada areal lahan gambut seperti mengalirkan air sungai ke lahan tersebut. Selain itu kami telah melarang serta memperketat ijin budidaya di lahan gambut, karena rawan terjadi kebakaran hebat," katanya.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus mendorong pelaksanaan pembangunan taman keanekaragaman hayati seperti dijabarkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup , secara jelas pada pasal 57 sebutkan dalam rangka pemeliharaan lingkungan melalui pencadangan sumber daya alam .
Janji dia  akan memfasilitasi pemda yang peduli terhadap pembangunan Taman Kehati, taman ini  dapat diciptakan pada tingkat pusat, provinsi , Kabupaten /kota atau masyarakat umum. Hingga saat ini kementerian ini telah memfasilitasi 72 taman keanekaragaman hayati.

Dengan lokakarya ini diharapkan dapat menggerakkan semua pemanguk kepentingan untuk berperan aktif dalam program pengembangan taman keanekaragaman hayati untuk menjadikan Taman keanekaragaman hayati sebagai jendela informasi asset kekayaan keanekaragaman hayati daerah serta taman publik yang dapat memberi keuntungan bagi masyarakat lokal dan pemerintah daerah dalam pemanfaatan kehati yang lestari,"harap Fathoni.

Lokakarya ini dihadiri pejabat  dinas Lingkungan hidup se-Indonesia  dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post