Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Sudah ada pencatatan lisensi untuk PT Nobar oleh Dirjen HAKI

 
SLEMAN - Pengadilan Negeri Sleman kembali menyidangkan  perkara yang dilaporkan PT Nobar terhadap terdakwa  mantan General Manajer Hotel Jayakarta Yogyakarta, Nur Winantyo A Md , kali ini  mengagendakan pemeriksaan saksi . Dua ahli yakni   Hanafi Amrani, S.H dan Edi  dimintai keterangan di muka persidangan dengan hakim  yang  diketuai   DR Yanto SH , Senin (26/10/2015) .  

Menjawab pertanyaan JPU Meyer V. Simanjuntak berkaitan dengan surat pengajuan lisensi oleh PT Nobar , Hanafi Amrani, S.H menjawab tegas bahwa telah sesuai regulasi. Dan berpendapat bahwa hak siar penayangan tersebut sudah mendapatkan ijin lisensi  diperlukan ijin kepada PT Nobar jika ingin melakukan penayangan , bagi yang melakukan penayangan siaran itu tanpa seijin PT Nobar telah memenuhi unsur kesengajaan menurut  pasal 113 ayat (3) UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta,  pasal 72 ayat (1) dan pasal 72 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

“Atas surat pengajuan pendaftaran lisensi yang dilakukan PT Nobar kepada Dirjen Hak atas kekayaan intelektual  (HAKI) sudah sesuai prosedur, karena saat itu memang belum ada regulasinya, jadi pada saat pengajuan itu PT Nobar telah dilindungi  hak-haknya secara hokum, yang dilakukan terdakwa termasuk kategori melanggar penyiaran tanpa ijin,’ papar ahli hukum pidana yang pernah mengikuti training HAKI di Jepang ini.

Ditempat  terpisah pihak PT Nobar yang diwakili Whindy Sanjaya SH pun berpendapat sama , kepada info-jogya.com berujar bahwa  pihaknya telah menjajukan lisensi kepada Dirjen HAKI dan surat tersebut telah diuji di Pengadilan Niaga Semarang.

“ Atas surat yang selalu dipermasalahkan pihak ,kami anggap hanya memcari-cari celah hukum saja , padahal kami telah menjajukan Uji materi surat tersebut di Pengadilan Niaga Semarang, hasilnya hakim berpendapat bahwa pencatatan di Dirjen HAKI telah benar, pencatatan tersebut tidak menggugurkan pencatatan atas lisensi tersebut. Hal tersebut dikuatkan pula Dirjen HAKI yang dihadirkan pada sidang pecan lalu ,”terang Whindy

Pengelola hotel atau terdakwa telah  memenuhi unsur kesengajaan mengkomersialkan penayangan Piala Dunia 2014 yang seharusnya  membayar kompensasi kepada PT Nonbar.  PT Nonbar merupakan koordinator tunggal untuk penayangan komersil Piala Dunia 2014 Brazil di seluruh wilayah di Indonesia, ‘tutup advokat muda ini.

Dalam persidangan ,terdakwa yang tidak ditahan ini tampak didampingi  4 penasehat hukum. Sidang akan dibuka kembali pada pekan  depan dengan agenda lanjutan pemeriksaan saksi.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post