Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Semar Sembogo desak KPU terbitkan SE terkait PKPU Nomor 3 Tahun 2015

 
 YOGYAKARTA- Paguyuban Dukuh Daerah Istimewa Yogyakarta yang bernaung dalam Semar Sembogo desak Komisi Pemilihan Umum DIY berkaitan terbitnya peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 tentang tata kerja KPU,  untuk segera dikeluarkan Surat Edaran baru yang memungkinkan warga masyarakat yang sudah berpengalaman masih bisa menjadi anggota KPPS demi suksesnya Pemilukada 2015.

 "Berkaitan dengan BAB III mengenai persyaratan PPK, PPS dan KPPS pada pasal 18 ayat 1 pada huruf h perpendidikan paling rendah sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat dan pada huruf k yang berbunyi belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS.
Pada Pasal 18 ayat 3 dengan persyaratan pendidikan paling rendah SLTA atau sederajat sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf h bagi KPPS kami mempunyai pendapat tidak seharusnya dibatasi dengan maksimal 2 periode  sebagai anggota KPPS karena di wilayah Desa atau Padukuhan sangat tidak mudah untuk mencari anggota KPPS, " papar   Ketua Semar Sembogo, Sukiman Hadi Wijoyo saat melakukan audiensi ke kantor KPU DIY, kamis (29/10/2015) .

 Sukiman menilai hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas penyelenggaraan Pilkada di 3 Kabupaten di DIY , terangnya dengan adanya pembatasan ini nantinya di sebagian besar TPS akan terjadi penggantian semua anggota KPPS yang sudah berpengalaman sehingga berdampak terganggunya ketugasan tersebut.

Menanggapi persyaratan anggota KPPS  setidaknya berpendidikan SLTA atau sederajat pihaknya hal itu tidak diterapkan , untuk mendapatkan SDM tersebut pada daerah-daerah tertentu sulit.
Sukiman , mewakili 4439 dukuh se -DIY ini meminta ada pengkhususan untuk DIY.

" Kami desak ada peraturan khusus untuk wilayah DIY dengan pertimbangan  adanya UU keistimewaan Nomor 13 Tahun 2012 dan segera terbitkan SE berkaitan PKPU Nomor 3 tahun 2015 tersebut, " pintanya.

Kami sudah 3 kali melakukan hal serupa  di KPU Sleman, dengan kedatangan kami di KPU DIY ini berharap agar segera ada tindak lanjut KPU Pusat melalui KPU DIY untuk mengeluarkan surat edaran yang memungkinkan warga masyarakat yang sudah berpengalama bisa menjadi anggota KPPS demi suksesnya Pemilukada 2015 tanggal 9 Desember mendatang,"tutup Sukiman.

Pihak KPU DIY melalui Ketuanya, Hamdan Kurniawan berjanji akan segera mengirimkan usulan ini ke KPU RI di Jakarta. " Kami sangat mengapresiasi usulan ini  segera  akan segera mengirimkan usulan ini kepada KPU Pusat di Jakarta,"singkatnya.

Dari pantauan info-jogja.com ada 15 orang perwakilan Semar Sembodo  diterima langsung oleh Ketua  KPU DIY , Hamdan Kurniawan beserta jajaran  di ruang Pusat Informasi Pemilu KPU DIY, sementara sekitar 150 lainya menunggu di seputaran gedung. Seusai mendapatkan jawaban pihak KPU DIY rombongan membubarkan diri dengan tertib.

Penulis : Eko Purwono


About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post