Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Jaga Kesehatan Anda Dengan Kardio

Kardio merupakan salah satu bentuk latihan ataupun kegiatan yang memerlukan penggunaan otot besar tanpa terputus. Olahraga kardio ini menjadi latihan yang selalu direkomendasikan oleh para ahli dan menjadi salah satu jenis olahraga yang paling penting. Kalau Anda baru akan memulai olahraga, termasuk kardio, ada baiknya mencermati rekomendasi berikut ini. 

Berdasarkan data yang dirilis oleh American College of Sports Medicine, olahraga kardio adalah setiap latihan yang meningkatkan denyut jantung dan respirasi dengan menggunakan kelompok otot besar yang dilakukan secara berulang dan ritmis. Dengan denyut jantung dijaga setidaknya 50 persen dari tingkat maksimumnya. Latihan kardio ini tidak selalu berarti lari. Jalan kaki maupun joging dengan kecepatan lebih rendahpun juga merupakan latihan kardio. Dan manfaat yang diperoleh cukup banyak. 

Kardio bisa dimulai dari lingkungan sekitar perumahan, taman yang ada di dekat rumah, bahkan jogging track yang ada di kampus tempat Anda kuliah dulu, bisa dijadikan pilihan. Alternatif lainnya kalau tak ingin melakukan di luar ruang adalah dengan memanfaatkan treadmil yang ada di rumah. Hal ini disebutkan oleh Dana Angelo White, MS, RD, ATC, dietisi dan pelatih atletik bersertifikat

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai latihan kardio tidaklah banyak. Hanya dibutuhkan sepasang sepatu olah raga (khusus untuk jalan atau lari), cara mengecek denyut jantung, dan tentu saja menyiapkan asupan cairan. 

Untuk alas kaki, disarankan hanya menggunakan sepatu khusus olah raga. Tidak harus yang sangat mahal. Cukup cari sepatu yang memiliki penyangga lengkungan kaki yang baik dan tidak membuat kaki mendapat beban yang berat. 

Denyut jantung, dapat dimonitor dengan menggunakan alat tertentu. Alat ini dapat membantu menelusuri intensitas latihan yang Anda jalani. Denyut jantung maksimum dapat diketahui dengan rumus 220-usia. Kisaran denyut jantung saat berolah raga berada dalam rentang 50-85 persen dari denyut jantung maksimum.

Kemudian, jangan lupakan cairan. Ketika berolah raga dan banyak mengeluarkan keringat, berarti semakin banyak cairan yang perlu diasup untuk mengganti cairan yang hilang. Minum sebelum dan setelah berolah raga. Bawa serta pula air minum ketika berolah raga dalam durasi yang cukup lama. 

Setelah itu, tantang diri Anda dengan mengubah intensitas dalam latihan. Interval latihan dapat membantu membentuk ketahanan dan membakar lebih banyak kalori dalam periode waktu yang lebih pendek. Misalnya, cobalah untuk berlari cepat selama 60 detik diikuti dengan joging ringan selama 2-3 menit. Ulangi selama durasi 20-30 menit dan Anda akan merasakan perbedaan yang besar. 

Jika anda memiliki penyakit tertentu seperti asma, atau yang lainnya, alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter dahulu.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post