Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » HERI KARYAWAN : Saya selalu bekerja dengan Regulasi yang berlaku

YOGYAKARTA - Sosoknya dikenal karena kewenangan strategis berkaitan perijinan di  seluruh wilayah Kota Yogyakarta , dialah Heri Karyawan .  Bapak empat anak sebagai Kepala Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, pria bersahaja ini selalu berprinsip  tak pernah keluar dari regulasi dalam menjalankan pelayanan  pada siapa pun terkait perizinan di wilayah  Kota Yogyakarta.

 Ditengah kesibukan  masih menyempatkan  waktu  untuk berbincang dengan info-jogya.com  di ruang kerjanya Kantor Dinas Perijinan Pemerintah Kota Yogyakarta Jalan Kenari Nomor 56 , selasa (20/10/2015) Turut juga mendampingi  Kepala Bidang Pelayanan, Setiyono dan Kepala Bidang Regulasi  dan Pengembangan Kinerja , Gatot Sudarmono.

Apa yang menjadikan Visi pelayanan kantor  perizinan ini?
 Pelayanan di kantor Perizinan Kota Yogyakarta  kami buat mudah kok, dengan visi terwujud pelayanan yang pasti , yakni pasti dalam biaya , waktu , persyaratan dan Akuntabel di bidang perizinan itu menjadi prinsib pelayanan kami.Untuk mewujudkan visi tersebut dibuatlah misi diantaranya  mewujudkan pelayanan internal, meningkatkan SDM berkualitas, melaksanakan pelayanan perizinan sesuai dengan kewenangan,melaksanakan pengawasan dan penyelesaian pengaduan perizinan serta advokasi, melaksanakan pengelolaan data dan sistem informasi serta melaksanakan pengkajian perizinan regulasi dan pengembangan kinerja. Seluruh permohonan masyarakat akan dilayani secara baik dan tidak ada diskrimnasi dalam pelayanan semua proses perijinan harus sesuai regulasi yang berlaku.

Terkait pengajuan perijinan investor untuk mendirikan hotel di Kota Yogyakarta, ada  komentar  ?
Jumlah pengajuan pembangunan hotel sejak tahun 2013 sejumlah 104 Hotel , baik hotel melati hingga hotel bintang . Hingga saat ini sudah dikeluarkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk 80 hotel. Dengan diterbitkanya Peraturan Walikota Nomor 20 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perizinan pada pemerintah dikaitkan dengan pembangunan Hotel oleh investor sangat tepat karena tidak adanya Peraturan daerah (perda)  atau kekosongan hukum  yang mengaturnya , walaupun banyakpihak  yang menilai perwali tersebut sarat kepentingan namun kami tetap jalankan produk hukum tersebut . Itu semua dilakukan dalam rangka melayani investor yang akan menanamkan modalnya  di Kota Yogyakarta. Badan Pertanahan Negara (BPN) pun telah mengamanatkan pembangunan secara vertikal karena keterbatasan lahan. Tentunya dengan melalui evaluasi dan kajian dalam penerapan perwali itu. Saat ini sedang digodok di DPRD Kota Yogyakarta mengenai regulasi yang akan dipakai nanti.

Dinas perijinan Koya Yogyakarta menjadi menjadi percontohan di tingkat Nasional
Pelayanan kami bersifat terbuka, seluruh pengajuan perizinan akan kami proses sesuai prosedur berdasar regulasi yang berlaku. Sudah yang ke -6 dinas PerizinanKota Yogyakarta memperolah ISO 9001 : 2008 dari Badan Sertifikasi ISO Worldwide Quality Assurance. Pernah juga diperoleh Penghargaan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yakni berupa BKPM Invesment Award.  Fungsi pelayanan dilakukan semaksimal mungkin selama tidak ada kepentingan , semua telah ditetapkan sesuai SOP  tanpa membedakan siapapun yang melakukan proses penggurusan. Semua itu karena hasil kerja keras tim kami.

Terkait adanya salah satu pembangunan Hotel yang menimbulkan gejolak karena itu dianggap sebagai salahsatu cagar budaya, apa komentar anda ?
Perizinan sudah sesuai Prosedur dengan berdasar regulasi Perda Bangunan Gedung dan Perda Tentang Tata Ruang . IMBB yang diterbitkan melalui rekomendasi dari beberapa instansi terkait yakni Dinas Pariwisata , Dinas Perhubungan dan Badan Lingkungsn Hidup Kota Yogyakarta.

Apakah anda merasa akan “disingkirkan’ oleh pihak –pihak yang berkepentingan  dari jabatan ini ?
Pada prinsibnya saya mengabdi kepada Negara ini adalah amanah yang harus saya jalankan dengan baik sesuai perundangan . Sudah 7 tahun saya di tugaskan di Dinas ini , diakui memang banyak pihak-pihak yang mencoba untuk bermain dalam pengurusan perizinan namun selalu saya tolak.Sebenarnya saya ingin pindah tugas namun Bapak Walikota masih meminta saya untuk duduk di institusi ini.  Dalam proses  perizinan sebenarnya mudah kok, Visi pelayanan kami buat mudah dalam hal ketepatan waktu, biaya dan syarat.

Penulis :Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post