Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Anggaran APBN untuk bersihkan Code

SLEMAN- Dalam  mempertahankan penampang dan  m
empertahankan kebersihan  Sungai Code, Balai Besar Wilayah  Sungai Serayu - Opak lakukan pemeliharaan  rutin di sepanjang bantaran Kali Code yang termasuk dalam  wilayah  Gemawang ,Sinduadi , Mlati, Sleman.

Pejabat Pembuat Komitmen  (PPK) OP SDA III Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak , Suparno ST  jelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pekerjaan rutin pembersihan dan pemeliharaan Sungai Code.

” Pemeliharaan dan pembersihan sungai ini akan kita lakukan secara rutin dengan periode pengerjaan setiap 3 (tiga) bulan sekali saat ini bertepatan  perawatan pada bulan September – November . Pendanaan bersumber pada APBN. Untuk tahap awal ,pengerjaan pembersihan sungai code  hanya pada  ditempat ini saja , dengan volume lebih kurang 1000 meter, selebihnya kita lakukan pemeliharan ditempat lain  ,”ujarnya saat ditemui info-jogya.com di lokasi pengerjaan proyek itu.

Sebelum pelaksanaan telah kita gelar sosialisasi  kepada masyarakat ,terutama kepada para pemilik kolam permanen yang dibangun pada bantara sungai itu. Teknis pengerjaan dengan cara menggangkat material yang dianggap dapat menghambat aliran air namun tetap mempertahankan permukaan tahan dengan tidak menambah dan mengurangi , 8 groundsel kebawah  tetap kita pertahankan. Teknis ini bukan merupakan pengerjaan  merubah konstruksi , hanya beberapa kerusakan kecil pada talud kita perbaiki dan dibersihkan sehingga penampang sungai menjadi kuat, bersih, asri dan yang paling penting tidak menimbulkan banjir pada saat musim penghujan ”lajut dia.

Suparno berharap adanya peran serta masyarakat untuk memelihara sungai ini. “ Diharapkan apa yang kita lakukan ini akan menjadi awal  peran serta masyarakat untuk memelihara sungai dan menjadi pekarjaan rutin masyarakat pula, kalau sungainya bersih apa ya tega masyarakat sembarangan membuang sampah. Dan kita menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuat bangunan permanen di bantaran sungai karena dapat menghambat aliran sungai,” harapnya

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post