Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Perlukan Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pengawasan Pilkada Sleman 2015

SLEMAN- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tempel untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sleman periode 2015-2020 gelar Sosialisasi bagi Pemilih Pemula . Kegiatan yang berlangsung di Aula sekolah MAN Tempel Margorejo Tempel ini diikuti oleh 40 siswa siswi yang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah SMU dan SMK se Kecamatan tempel , diantaranya : SMKN Tempel, MAN Tempel, SMK Muhammadiyah I tempel, SMK Muhammadiyah II Tempel SMK ma’arif, SMAN Tempel dan SMA Ma’rif Tempel, Selasa (1 /9 /2015). Kesemuanya yang hadir merupakan pemilih pemula yang baru akan pertama kali memperoleh hak suara dalam Pilkada tahun 2015 ini. Pada kesempatan itu disampakan beberapa materi soisalisasi  yang berkaitan dengan  Partisipasi pemilih pemula dalam pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2015. Sebagai narasumber penyampai materi komisioner Pengawas Panitia Pengawas Kabupaten , Sutoto Jatmiko dan Ketua Panwascam Tempel , Purnomo.
Pada kesempatan Sutoto Jatmiko berikan pemaparan mengenai Partisipasi pemilih pemula.”  Pada acara ini sengaja kita undang rekan-rekan sebagai pemilih pemula di Pilkada 2015 dengan harapan akan ada partisipasi dalam mensukseskan pilkada, pemilihan berintegritas mensyaratkan adanya pengawasan terhadap seluruh proses dan hasil pelaksanaan tahapan Pemilihan , keterbatasan jumlah personel pengawas dan daya dukung  pengawas pemilihan dan adanya pelanggaran yang tidak diketahui oleh pengawas meka dibutuhkan keterlibatan masyarakat termasuk juga pemilih pemula ini, sehingga terwujud pengawasan partisipatif (active citizen). Bentuk partisipasi pemilih pemula diantaranya hak memilih dan menjadi relawan pengawas untuk mengembangkan program pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat termasuk pemilih pemula, program ini akan mentransformasikan gerakan moral (moral force) menjadi gerakan sosial (sosial movement),” jelasnya.
Hal senada juga dijpaparkan Ketua Panwascam Tempel , Purnomo bahwa dengan sosialisasi ini diharapkan akan ada partisipasi pemilih pemula dalam hal pengawasan proses dan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2015 Kabupaten Sleman. Dengan pengenalan bentuk-bentuk pelanggaran pilkada tentunya akan menjadi modal bagi peserta sosialisasi ini untuk ikut aktif melakukan pengawasan terhadap kemungkinan pelanggaran yang terjadi. Apapun kejadian yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada khususnya di wilayah Kecamatan Tempel  agar dicatat dan segera dilaporkan ke Panwascam Tempel yang berkantor di Kecamatan Tempel . Langkah pencegahandapat juga kita lakukan sebelum terjadi pelanggaran yakni dengan selalu berkoordinasi dengan Panwascam atau Pengawas Pemilihan lapangan (PPL) di tiap-tiap desa.
Peserta tampak antusias  mengikuti jalanya sosialisasi ini ,  terlihat saat dibuka sesi tanya jawab. Kegiatan  serupa akan digelar kembali pada 10 September 2015 di aula Kantor Kecamatan Tempel dengan mengundang Tokoh Masyarakat, ormas dan Parpol.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post