Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Terdakwa Nur Layangkan Nota Keberatan Dakwaan JPU

TERDAKWA NUR WINANTYO LAYANGKAN KEBERATAN  DAKWAAN JAKSA


Sidang lanjutan perkara Nomor 353/PID/2015/PN.SLMN dengan terdakwa Nur Winantyo (46) di Pengadilan Negeri (PN) Sleman kembali digelar , Rabu (19/08/2015) . Sidang kali ini mengagendakan pembacaan nota keberatan ( eksepsi) terdakwa atas dakwaan yang dilayangkan Jaksa  Penuntut pada sidang yang pekan lalu. Eksepsi yang dibacakan oleh Tim penasehat hukum terdakwa yang diwakili Ariyanto SH didepan persidangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis DR Yanto SH menyatakan bahwa dakwaan kesatu JPU yaitu pelanggaran Undang- Undang RI No 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta sebagaimana dalam Pasal 113 ayat (3)   tidak dapat diterapkan . Peraturan tersebut terjadi perubahan dari UU No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta dirubah menjadi UU No 28 Tahun 2014  tentang hak cipta diundangkan pada tanggal 16 Oktober 2014 dan mulai efektif berlaku sejak tanggal tersebut . oleh karena itu dalam dakwaan JPU terjadi kotradiktif antara Tempus Delik yang terjadi pada bulan Juni 2014 namun terdakwa dijerat dan diancam Pasal Perbuatan Pidana yang mulai berlaku pada bulan oktober 2014.” Apabila dicermati dakwaan JPU tersebut tidak ditemukan ataupun dijelaskan perbuatan terdakwa yang melakukan penerbitan ciptaan , penggandaan ciptaan dalam segala bentuknya , pendistribusian ciptaan atau salinannya dan atau penggumuman ciptaan. Semua proses dan peristiwa sebagaimana yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum menurut hemat kami bukan merupakan suatu Pelanggaran Pidana  yang disebabkan dari ketiadaan pencatatan Perjanjian lisensi oleh negara sehingga tidak berakibat hukum pada pihak lain diluar para  pihak  pembuat Perjanjian Lisensi dan merupakan suatu sengketa keperdataan.
Dalam sidang yang lalu Nur Winantyo oleh Jaksa Penuntut  Meyer V Simanjuntak SH didakwa dengan pasal dakwaan alternativ yakni melanggar pasal 113 ayat (3)  UU RI No 28 Tahun 2014  tentang Hak Cipta atau Pasal 72 ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta atau dakwaan ketiga Pasal 72 ayat (2)  UU RI No 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Disebutkan dalam dakwaannya bahwa Nur winantyo selaku General Manager The Jayakarta Yogyakarta Hotel & Spa  Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Sleman  pada hari Kamis tanggal 26 Juni 2014 sekitar pukul 23.40 WIB dendan tanpa hak dan atau tanpa ijin pencipta atau pemegang hak cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi pencipta sebagai mana dimaksud dalam pasal 9 ayat (1) huruf a penerbitan ciptaan , huruf b penggadaan ciptaan dalam segala bentuknya , huruf e pendistribusian ciptaan atau salinannya dan atau pengumuman ciptaan untuk penggunaan komersial berupa Lisensi Hak Siar tayangan Piala Dunia 2014 Brazil .

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post