Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Mitos Dibalik Corat Coret Tugu Jogja

WNA Kotori Tugu Jogja (c)geronimo
Jogjakarta sebagai kota pariwisata dan budaya melekat berbagai mitos dalam kehidupan masyarakatnya,mitos tersebut telah  ada sejak ratusan tahun lamanya dan mampu bertahan sehingga abad 21 ini.

Salah satu mitos yang paling dikenal oleh masyarakat Jogja adalah mitos tentang Nyi Roro Kidul yang berkembang luas di daerah Parang Tritis dan Parang Kusuma,Daerah Istimewa Jogjakarta, dimana mitos tersebut menceritakan bahwa Parang Kusuma merupakan daerah pertemuan antara Sultan Agung, Raja Mataram dengan Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatan Jogjakarta tersebut,mitos lain yang tidak kalah serunya adalah mitos larangan bagi pengantin melewati Plengkung Gading,atau Plengkung Nirboyo yang  merupakan pintu selatan dari Komplek  Keraton Yogyakarta,dimana jika pasangan pengantin tersebut berani melanggar dan melewati Plengkung Gading,maka sepanjang hidupnya akan ditimpa kemalangan.

Terkait dengan adanya mitos tersebut,peristiwa corat coret cat berwarna merah oleh seorang turis asing,warga Ceko yang bernama Yit Kampak MGA (Minggu 5/7/2015) pada Tugu Pal Putih ditanggapi oleh Sam Sianata, warga Kwarasan, Sleman,Yogyakarta sebagai sebuah peringatan pada masyarakat Jogja agar tidak “kecolongan” dan tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aneh sekali bentuk gambarnya menyerupai seorang wanita yang sedang menari,mudah mudahan ini tidak berkaitan dengan gonjang ganjing Kraton Jogja yang menetapkan seorang wanita sebagai calon pengganti Raja dan mendapat tanggapan pro dan kontra ditengah masyarakat”jelasnya.

Sam berharap agar warga Jogja tidak melibatkan diri dalam urusan Kraton,sebab urusan Kraton adalah urusan intern keluarga,Sam juga menghimbau agar Persatuan dan Kesatuan bangsa lebih dikedepankan agar Jogja tetap adem ayem,dan tidak kecolongan oleh tangan-tangan jahil yang ingin mencoreng moreng Jogja dengan warna merah atau warna darah. (wawan)

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post