Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Hari Bakti Adhyaksa ke-55, Kejati DIY Gelar Seminar Penguatan Kejaksaan

Dalam rangka hari Bakti Adhyaksa ke-55 tahun 2015, Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kejati DIY) menggelar seminar dengan mengangkat tema Penguatan Kejaksaan dalam konstitusi, Selasa siang (7/07/2015). 

Kegiatan yang digelar di Rich Hotel Jalan Magelang Sleman ini diikuti oleh seluruh pejabat Kejaksaan Negeri se -DIY, Perwakilan ormas, Lembaga Swadaya Masyarakat dan media. Demikian sambutan Kepala Kejaksaan Tinggi DIY , I Gede Sudiatmaja SH saat membuka kegiatan tersebut. 

"Kegiatan seminar dengan mengangkat topik Penguatan Kejaksaan dalam konstitusi ini merupakan  realisasi yang  diperintahkan Kejagung RI dalam rangka menyambut hari bakti Adhyaksa ke-55 tahun 2015 ini dan diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari  jajaran Kejari se -DIY , ormas, LSM dan media. Topik ini sangat tepat karena selama ini kedudukan Kejaksaan dalam konstitusi belum tegas didalam ketatanegaraan di Indonesia, oleh karena itu diharapkan adanya masukan dari berbagai pihak untuk memperoleh rumusan sebagai rekomendasi untuk mendudukkan Kejaksaan sebagai salah satu kaki poenegakan hukum yang merdeka," papar Gede.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan juga laporan Ketua panitia Seminar Joko Purwanto SH yang juga menjabat Asisten Bidang Intelejen Kejati DIY, Pemaparan Pandangan Umum Kejaksaan yang disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Kejati DIY Danang Suryo Wibowo SH.  

Tema yang diangkat pada seminar tersebut dibahas dan diulas secara lengkap oleh dua narasumber yakni OC Madril SH MA dan Dr Nikmatul Huda SH , keduanya mengupas mengenai sejarah, Amandemen UUD 1945 terkait dengan kedudukan Kejaksaan, independensi Kejaksaan serta gagasan-gagasan penguatan institusi Kejaksaan dalam Konstitusi dari perspektif ketatanegaraan. 

"Kedudukan Kejaksaan sebagai bagian dari kekuasaan eksekutif dipengaruhi oleh faktor politis dan budaya sejarah masa lalu .Dalam lintasan sejarah ketatanegaraan Indonesia keberadaan Kejaksaan sebagai bagian dari eksekutif dipengaruhi sejarah penegakan hukum Indonesia yang selalu mendapatkan intervensi dari penguasa," kata Madril dalam pemaparannya. 

Hal senada juga di sampaikan oleh Ni'matul Huda bahwa dalam perubahan UUD 1945 dari tahun 1999 - 2002 ide independensi Kejaksaan gagal diperjuangkan , Kejaksaan Agung tidak diatur secara eksplisit dalam UUD 1945 , namun jika dikaitkan dengan pasal 24 ayat (3) UUD 1945 fungsi kejaksaan jelas sangat berkaitan dengan kekuasaan kehakiman , sebaiknya jika dilakukan amandeman UUD 1945 maka bab kekuasaan Kehakiman harusnya diperluas dan disebutkan secara eksplisit kedudukan kejaksaan didalamnya.

Seminar yang dipandu oleh moderator Anwarudin Sulistiyono SH ini berlangsung lancar , antusias peserta terlihat saat digelar sesi tanya jawab. 

Penulis : Eko Purwono

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post