Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Menyambut Ramadan Kenaikan Harga Sembako Di Pasaran Masih Terkendali

Menjelang Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan. Meski begitu, kenaikan yang tengah terjadi di pasaran masih terpantau wajar dan signifikan.

Slamet Riyadi selaku Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Kabupaten Sleman, mengungkapkan harga bahan kebutuhan masyarakat masih relatif stabil meski terjadi kenaikan.

Kenaikan ini masih dapat terkendali lantaran stok bahan pokok yang ada di pasaran masih mencukupi kebutahan masyarakat.

“Belum ada lonjakan yang signifikan dan relatif masih wajar. Terlebih ada beberapa komoditas yang justru mengalami penurunan harga,” paparnya saat melakukan pemantauan harga di Pasar Prambanan, Selasa (9/6/2015) lalu.

Ia menilai terjadinya kenaikkan harga tersebut bukan dikarenakan momen puasa, namun lebih karena berkurangnya stok yang dijual. Harga tersebut kemudian kembali turun saat stok sudah stabil.

“Untuk harga yang naik, lebih disebabkan stoknya berkurang. Namun begitu sudah dikirim, harga kembali stabil,” katanya.

Dari pantauan yang tengah dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang terdiri dari Biro Perekonomian, Bank Indonesia (BI), Disperindagkop, BPOM, Disperindagkop Sleman, Dinas Pasar, Bagian Perekonomian, Bappeda dan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DP2K), mencatat bahan pokok dan sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan.

Antara lain daging ayam yang dijual dengan harga Rp 32.000 per kilogram atau naik dari harga sebelumnya Rp 28.000, cabai merah keriting dari Rp 18 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram, dan bawang merah yang sebelumnya dijual Rp 23 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga, gula pasir dari Rp 12 ribu per kilogram kini Rp 11 ribu per kilogram dan minyak goreng kemasan, sebelumnya Rp 13 ribu per liter kini Rp 12 per liter.

Sementara komoditas yang tidak mengalami kenaikan seperti beras IR 64 Rp 8.000 per kilogram, minyak goreng curah Rp 11 ribu per kilogram, telor Rp 20 ribu per kilogram, daging sapi Rp 100 ribu per kilogram.

“Harga tersebut masih sama dengan harga di pekan sebelumnya,” ujar Slamet.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post