Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Hasil Suara Pilkada Diharapkan Bisa Diakses Secara Realtime

Terkait hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada), pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Kabupaten/Kota diminta untuk mensosialisasikan hasilnya secara realtime setelah pemungutan dan penghitungan suara selesai dilakukan. Langkah tersebut dilakukan dengan maksud agar hasil pilkada dapat diakses langsung oleh masyarakat.

Husni Kamil Manik selaku Ketua KPU RI, mengatakan sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara mengunggah scan formulir C1 yang tidak lain berisi data hasil penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di website milik KPU daerah masing-masing. Semua formulir C1 harus sudah selesai diunggah maksimal tiga hari setelah perhitungan suara.

“Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui hasil perhitungannya secara real karena ada bukti berupa formulir C1,” ungkapnya , Jumat (12/6/2015).

Menurutnya tidak hanya sebagai bukti hasil perhitungan yang dilakukan oleh petugas adhoc di TPS saja, upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat berpartisipasi langsung dalam pengawasannya. Contohnya seperti ikut melakukan penghitungan dari total perolehan suara yang didapat masing-masing calon kepala daerah.

“Sehingga sebelum tahapan pengukuhan dan pelantikan kepala daerah, masyarakat dapat mengetahui calon mana yang memperoleh suara terbanyak. Diharapkan, penyelenggaraan pesta demokrasi akan lebih transparan,” paparnya.

Husni juga menambahkan, selain mengunggah hasil perhitungan suara melalui situs resmi, KPU di tingkat kabupaten/kota juga bakal diminta untuk mengunggah hasil pada tiap tahapan pilkada. Dengan demikian masyarakat dapat mengikuti setiap tahapan.

“Terutama tahapan pemutakhiran data pemilih, sehingga masyarakat yang belum mengetahui sosialisasinya dapat kroscek langsung di website. Dengan demikian, jika namanya belum masuk dalam DPS (Data Pemilih Sementara), dapat segera melaporkannya,” kata dia menjelaskan.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post