Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Produk Ikan Dari Ngemplak Siap Go Internasional Setalah Dapat Sertifikat

Suseno Sukoyono selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) KKP RI, mengungkapkan bahwa pelatihan berbasis kompetensi ini diharapkan dapat mengubah cara pandang juga pola piker para petani ikan lokal dalam melakukan perkembangbiakan. Dengan demikian proses budidaya yang sebelumnya hanya berdasarkan kebiasaan, melalui pelatihan ini petani ikan dapat memahami standart operating procedure (SOP) budidaya ikan air tawar.

“Contoh sederhananya jika selama ini budidaya gurameh dimulai dari benih, maka petani ikan akan mengikuti standarnya yakni mulai dari indukan. Dengan demikian, jika harus mengikuti kompetensi, petani ikan sudah paham SOP-nya,” katanya, Minggu (3/5/2015).

Tak hanya itu saja, adanya sertifikat yang diberikan kepada para petani ikan tersebut juga dapat berdampak pada intensitas penjualan komoditas ikan air tawar. Ia mengatakan jika produk ikan yang sudah memiliki sertifikat bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi di pasaran.

“Bahkan sangat memungkinkan petani ikan lokal melakukan ekspor hingga ke Eropa,” ujarnya.

Meski begitu, untuk memasuki pasar internasional, produk ikan air tawar harus mengikuti persyaratan dan prosedur yang sudah ditetapkan di masing-masing negara Eropa. Seperti di negara Perancis yang mengatur bahwa ikan yang masuk ke negaranya harus bebas dari pakan antibiotik dan ditunjukkan dengan sertifikat.

“Di Mina Ngremboko, sudah diterapkan cara budidaya ikan yang baik. Jadi pakan dan proses budidayanya pun jauh dari antibiotik. Sertifikat itu akan menjadi penunjuk bahwa produk ikan produk unggulan dan tidak menggunakan pakan antibiotik,” ujarnya menjelaskan.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post