Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Lepas Kepenatan di Tengah Semilir Angin Goa Payaman

Selalu ada yang menarik dan tersembunyi di balik perbukitan, salah satunya adalah Goa Payaman. Goa yang terletak di Kepuhan Argorejo Sedayu ini menarik untuk dikunjungi karena konon kabarnya terdiri atas goa lanang dan goa wadon. Namun keberadaan goa lanang yang terpisah 200 meter sebenarnya masih menjadi misteri.

Menyusuri perbukitan kapur di sisi barat Bantul di sana kita akan menemukan banyak obyek yang menarik untuk  kita kunjungi. Selain bisa singgah di goa Selarong, desa wisata Krebet serta Curug Banyu Nibo, satu lagi obyek wisata alam yang layak kita kunjungi, yakni Goa  Payaman. Goa yang dikelilingi pepohonan yang rindang menjadikan tempat ini lokasi yang nyaman untuk melepas lelah. Apalagi sepanjang perjalanan menuju lokasi goa Payaman,alam pedesaan masih terasa asri.

Alam Sedayu, persisnya yang di sisi selatan Jalan Wates, yang merupakan perpaduan antara perbukitan dan area persawahan kalau kita susuri memiliki keunikan tersendiri.  Di samping udara yang sejuk serta jauh dari polusi, alam Sedayu juga menyimpan aneka keragaman hayati.

Ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kepuhan, Darmadi mengatakan Goa Payaman atau juga dikenal goa Polaman ini memiliki kedalaman sekitar  9x4 meter  dengan menawarkan kesejukan alam Sedayu. Di mana pepohonan tumbuh subur sehingga mencitpakan kerindangan di sekitar goa Payaman. Oleh karenanya goa Payaman dapat dijadikan pilihan tempat berwisata serta tempat sejenak menghindari kebisingan kota.

Goa Payaman yang mulai dibuka sebagai destinasi wisata sejak 2012 silam, imbuh Kepala Dusun Kepuhan ini, tidak hanya “menjual” obyek berupa goa akan tetapi juga bumi perkemahan yang bisa menampung hingga 300 orang. Di bumi perkemahan ini telah dilengkapi fasilitas listrik, MCK serta aula berukuran 6 x 12 meter.

Lebih jauh Darmadi menceritakan banyak yang menyakini goa ini, goa lanang merupakan petilasan salah satu prajurit Majapahit, yakni Mpu Sopha Anom dan di goa lanang terdapat makam yang keberadaan goa lanang hingga sekarang masih belum diketahui tempat pastinya. Sementara goa wadon yang menjadi tujuan wisatawan sangat mudah ditemukan. Di goa wadon ini mereka bersantai ria melepas lelah di tengah semilir angin perbukitan.

Sebenarnya tidak hanya goa, di sekitar sini ada tempat yang bisa digunakan untuk tracking sert susur sungai namun keduanya belum kami kelola dengan maksimal. Oleh karena itu kami belum berani memperkenalkan paket wisata ini meski nanti bisa dijadikan unggulan di samping goa” ujar Darmadi.

Untuk mengunjungi goa Payaman selama ini pokdarwis Kepuhan masih memberikan kebebasan alias belum ditarik retribusi. Goa yang terletak diperbukitan antara Argorejo serta Argodadi  ditempuh melalui Jalan Wates, bila dari arah kota Yogyakarta sesampainya di SPBU Candimas kendaraan anda sebaiknya berjalan pelan sembari mengamati petunjuk arah Goa Payaman. Dari Jalan Wates ambil jalan ke selatan sekitar 3 km untuk sampai di obyek goa Payaman. anjar

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post