Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Demi Tunjang Perekonomian, Pemerintah Bakal Gratiskan SKP Bagi UKM

Pihak pemerintah telah menargetkan 2000 usaha kecil menengah (UKM) pada tahun ini bisa mengantongi sertifikat kelayakan pengolahan (SKM). Hal tersebut menyusul telah digratiskannya pengurusan SKP untuk UKM oleh Direktorat Jendral Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Adapun hal itu bertujuan untuk merangsang pertumbuhan perekonomian di tingkat bawah. Selama ini, SKP hanya diberlakukan untuk pelaku usaha menengah ke atas saja.

Saut Hutagalung selaku Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan mengatakan, dengan adanya SKP ini, UKM bisa menghasilkan produk perikanan yang bermutu dan aman dikonsumsi. Mereka juga bakal diberi fasilitas sarana pengolahan dan pendukungnya, hingga proses pengemasan yang baik dengan branding tertentu serta program penandaan SNI.

“Pemberlakukannya dilakukan secara bertahap,” ujar Saut usai membuka acara Temu Koordinasi Pengembangan Sistem Penerbitan SKP, Peresmian SKP Online, dan Fasilitasi SKP untuk UKM di Hotel Inna Garuda.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain secara kuantitas paling besar, jumlah produk UKM juga paling banyak dan bersentuhan langsung dengan para konsumen. Maka dari itu, penerapan SKP bagi UKM tersebut layak dilakukan agar segala produk yang dipasarkan bisa sesuai standar kelayakan. Pada tahun ini, telah ditargetkan 2000 UKM memeroleh SKP dari total 63.000 UKM dengan target sektor usaha kecil. Sedangkan dibagian sektor mikronya akan segera menyusul kemudian.

Hingga April 2015, ia menambahkan, jumlah SKP yang diterbitkan KKP yakni sebanyak 3.022 sertifikat terdiri atas 2.906 sertifikat untuk unit pengolahan ikan (UPI) skala menengah-besar dan 116 sertifikat untuk UPI skala mikro-kecil.

“Kewenangan penerbitan SKP kami serahkan ke masing-masing provinsi,” ujar Saut.

Maria Supriyati yang merupakan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, mengatakan, dari sekitar 442 unit usaha pengolahan ikan di DIY, terdapat sebanyak 2.668 orang pengolah. Mereka mampu mengolah bahan sebanyak 2.756 ton dalam setahun. Dari jumlah 442 UPI, hanya 14 UPI yang mendapat SKP.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post