Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Swadaya Masyarakat Untuk Gelar Peringatan Hari Jadi Desa Caturtunggal ke- 67

Dengan mengusung tema Merangkai Kebhinekaan Caturtunggal Jaya, Lima Jadi Satu, Maju Bersama Masyarakat, Membangun Desa Makmur Sejahtera, Pemerintah Desa Caturtunggal gelar peringatan hari jadinya yang ke- 67 tepat pada 19 April 2015 dengan rangkaian kegiatan diantaranya Bazar, Kirab Budaya dan Kesenian Wayang Kulit.

"Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Caturtunggal yang ke -67, pemerintah desa Caturtunggal akan mengadakan berbagai  rangkaian kegiatan antara lain Bazar pada 17 - 18 April 2015 , Jam 08.00 - 10.00 WIB bertempat area balai desa Caturtunggal, Kirab budaya menampilkan potensi budaya di desa bahkan dilibatkan juga tarian adat papua dan komunitas kesenian beberapa mahasiawa  pada tanggal 19 April 2015  dan di puncak acara akan digelar pagelaran wayank kulit semalam suntuk pada 24 April 2015 jam 18.30 WIB bertempat di Balai Desa Caturtunggal dengan menampilkan  dalang kondang Ki Seno Nugroho yang menampilkan lakon Semar Kembar.  
Telah disiapkan dana sebesar Rp 200 Juta  untuk menggelar hajatan ini , keseluruhanya kami dapatkan dari swadaya masyarakat sekitar, bantuan investor dan partisipasi beberapa mitra kerja, Sepersen pun kita tidak mempergunakan dana atau anggaran dari pemdes Caturtunggal," papar Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santosa kepada wartawan, dibalai desa setempat.

Ditempat yang sama Ketua Umum Panitia Peringatan hari jadi ke -67 desa Caturtunggal, Bambang Suncahyo didampingi Sekertaris umum Hidayat Nur Adi Hutomo menambahkan bahwa disela-sela kegiatan ini akan dilakukan juga rapat pleno pihak Desa beserta Badan Permusyawaratan Desa mengenai penetapan hari jadi desa Caturtunggal yang akan dilangsungkan pada hari Sabtu, 18 April 2015 jam 19.30 WIB di balai desa setempat.

"Pada hari itu akan ditetapkan bahwa tanggal 19 April merupakan hari lahir desa. Dasar pertimbangannya adalan adanya maklumat Sri Sultan Hamengku Buwono  IX sebagai kepala daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 48 yakni meleburnya 5 kalurahan menjadi satu yang sekarang disebut Desa Caturtunggal. Saat itu ada lima kalurahan: Kledokan, Ambarukmo , Demangan, Mrican dan Karangwuni. Pada  Tahun 1978 saat kepala desa di jabat  bapak Suyadi kantor desa mulai berpindah  ke Jalan  Kaswari Caturtunggal , Depok Sleman hingga saat ini .Semenjak  tahun 2007 Bapak Agus Santoso menjabat kepala Desa sampai sekarang ini, " katanya.

Terkait dengan pelaksanaan kirab budaya yang kemungkinan besar menyebabkan kemacetan, pihak panitia telah berkoordinasi dengan Polsek Depok Barat dan Polres Sleman juga tambahan pengamanan dari jajaran  Koramil Depok.

Kirab budaya dimulai dari GOR Klebengan dengan rute Jalan Selokan Mataram- Jalan Affandi keselatan - Jalan RRI ketimur -Sekolah Olifan Keutara - Pertigaan Jalan Kaswari Kebarat dan Finish di Balai Desa Caturtunggal.

Nantinya akan ditampilkan dua Kereta Kencana dari Keraton Yogyakarta, dua gunungan dan aneka kesenian bahkan nanti akan di usung Gunungan dari beton dengan  ditempeli berpagai pakaian untuk diperebutkan nantinya  yang akan di bawa oleh pasukan TNI AD dari kesatuan 403 dari GOR Klebengan menuju Balai Desa, Ada juga yang unik nantinya yakni dengan ditampilkanya kesenian dari Papua.  

"Pada acara Bazar akan dibuka 44 stand dan 20 stan PKK setiap dusun , pendaftaran stand dengan ukuran 2,5 x 4 meter disediakan dengan tidak dipungut biaya.  Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi masyarakat , acaranya dikemas masyarakat dan kembali bermanfaat bagi masyarakat, " tutup Bambang.

Penulis: Eko Purwono

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post