Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Soal Akta Kelahiran, Kesadaran Masyarakat Gunungkidul Masih Rendah

Berdasarkan data yang didapat Disdukcapil Gunungkidul, para masyarakat Gunungkidul masih minim kesadaran untuk mengurus akta kelahiran. Dari total penduduk sekitar 749,444 jiwa, baru sebesar 30 persen saja yang telah memiliki akta kelahiran.

Eko Subiantoro selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Gunungkidul, mengungkapkan akta kelahiran adalah salah satu dokumen penting yang berhubungan dengan kependudukan yang menjelaskan identitas dan status kewarganegaan. Sementara, kesadaran masyarakat untuk mengurus akta kelahiran masih rendah.

Hingga tahun 2015 ini, kepemilikan akta kelahiran untuk warga berusia 0-18 tahun baru mencapai 66 persen. Sementara secara umum, kepemilikan akta kelahiran di Gunungkidul baru mencapai 33 persen dan masih jauh dari target.

"Akta kelahiran adalah dokumen kependudukan yang menjelaskan identitas dan status kewarganegaraan seseorang. Namun kesadaran masyarakat untuk mengurusnya masih rendah,” katanya, Jumat (10/4/2015).

Untuk mencapai target yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah pusat, kata Eko, pihaknya sangat menghimbau kepada seluruh warga yang belum mempunyai akta kelahiran untuk segera mengurusnya.

Pasalnya, pelayanan seluruh dokumen kependudukan termasuk akta kelahiran saat ini sudah digratiskan kecuali yang terlambat.

Jika pengurusan administrasi kependudukan mengalami keterlambatan, sesuai dengan perda nomor 6 tahun 2014 tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul nomor 18 tahun 2010 tentang Retribusi Pernggantian Biaya cetak Kartu Tanda Penduduk dan Akta Catatan Sipil, harus membayar denda sebesar Rp 40 ribu.

"Denda ini semata-mata bukan pembebanan biaya tetapi untuk memberikan rasa keadilan. Bagi masyarakat yang tertib pastinya akan gratis. Yang terlambat hanya akan mendapat sanksi administrasi," paparnya.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post