Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Polda DIY 'Garuk' Tambang Pasir Ilegal di Merdikorejo

Ilustrasi Tambang Pasir
Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 dikenakan kepada  H (58) pemilik dan pengelola tambang pasir yang beroperasi secara ilegal dengan menggunakan nama perusahaan CV Pekemsari. Tambang pasir yang dioperasikan oleh H tersebut mengambil pasir dan batu tanpa mengantongi ijin dari Instansi terkait di lokasi dusun Gesikan, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. 

Oleh  petugas gabungan dirinya diamankan beserta barang bukti. Seperti dijelaskan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda DIY Kombes Pol Antonius Pujianito dan  Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti bahwa H saat ini ditetapkan sebagai tersangka.

"Pengusaha berinisial H saat ini kami tetapkan sebagai tersangka, sejak tanggal 7 April 2015 ditahan dengan alasan untuk mempermudah penyidikan dan adanya kekawatiran petugas dirinya akan melarikan diri." tuturnya.

Tersangka, pemilik CV Pakemsari asal Bangka Belitung mengoperasikan tambang pasir menggunakan alat berat tanpa memiliki ijin sehingga kami amankan beserta barang bukti yakni berupa 4  unit eskavator dan 4 unit truk Fuso serta sekitar 20.000 meter kubik pasir yang masih berada di depo penampungan. 

"Barang bukti kami amankan di Polres Sleman dan sebagian lagi yaitu 2 unit eksavator berada di Polda DIY," Jelas Antonius.

Saat ini sedang dikembangkan penyidikan untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam tambang ilegal tersebut, karena lokasinya di wilayah Desa Merdikorejo Tempel tidak menutup kemungkinan keterlibatan perangkat desa setempat. 

Sementara ini  tersangka dikenakan  dengan Pasal 158 Undang- Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara (UU Minerba)  dengan ancaman hukuman masimal 10 tahun penjara. "Kedepan  akan digiatkan operasi khusus dengan sandi Operasi Peti untuk memberantas penambangan pasir ilegal dengan melibatkan pihak terkait, " pungkasnya.

Penulis : Eko Purwono

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post