Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Ubi jalar berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih diperdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia.

Ubi jalar dapat dibudidayakan melalui stolon/batang rambatnya. cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga stolon/batang rambat ubi jalar mudah dimasukkan dalam tanah. pemeliharaannya cukup mudah. ubi jalar akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari langsung, pemeliharaan dari gulma untuk menghindari persaingan unsur hara disekitar tanaman. pemberian pupuk UREA atau Organik akan menambah hasil panen yang lebih bagus. Panen ubi jalar yaitu dengan mencangkuli sekitar tanaman,ini untuk mempermudah ubi rusak karena terkena cangkul atau alat pertanian. Ubi Jalar sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, berikut ulasannya.

MANFAAT UBI JALAR BAGI KESEHATAN


1. Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba mengganti nasi dengan mengonsumsi ubi manis. Manisnya ubi tidak akan dapat menambah gula di dalam tubuh Anda. Sedangkan kandungan serat yang dimilikinya sangat baik untu sistem pencernaan Anda.

2. Menjaga Kadar Gula Darah
Magnesium merupakan salah satu jenis mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Jenis mineral yang satu ini menduduki peringkat keempat yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Hanya sedikit diantara mereka yang mengetahui akan manfaat magnesium. Padahal, salah satu manfaat cukup penting dari magnesium adalah menjaga kadar gula darah supaya tetap berada pada batas nornal.

3. Mengobati Nyeri Sendi
Kandungan kalsium dan juga magnesium yang ada pada ubi manis cukup baik untuk mengatasi radang sendi. Selain itu, kandungan beta karoten di dalamnya pun sangat baik untuk meredakan masalah arthritis pada wanita.

4. Menjaga Sistem Pencernaan
Ubi jalar mempunyai kandungan serat yang tinggi dan itu baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Mengonsumsi ubi jalar yang mempunyai rasa manis dapat meningkatkan pergerakan usus dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, ubi manis juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengurangi Risiko Kanker
Di dalam ubi manis terdapat pigmen yang dikenal sebagai anti-kanker. Pigmen yang satu ini dapat membantu mencegah terjadinya berbagai jenis kanker didalam tubuh termasuk kanker usus dan juga kanker prostat.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post