Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Kirab Budaya Hari Jadi Desa Caturtunggal Dari Hasil Bumi Sampai Produk Industri

Hasil Bumi (fajar)
Keberadaan gunungan pada acara Kirab Budaya dalam rangka memperingati hari jadi yang ke 67 desa Caturtunggal Depok Sleman  Minggu 19 April lalu cukup menarik perhatian masa. Dari tiga buah gunungan besar yang di arak pada saat tersebut, dua buah berisi hasil bumi/pertanian dan satu buah yang di istilahkan gunungan cor oleh Kepala desa Caturtunggal Agus Santoso SPsi berisikan berbagai hasil produk industri.

Dari bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan gunungan hasil bumi tadi namun gunungan yang satu ini berisikan berbagai barang produk pabrikan di antaranya buku, tempat minum, gayung mandi, kaos, alat tulis dll.  Gunungan tersebut turut di arak dengan cara di panggul dalam kirab sejauh kurang lebih 5 km itu. Di mulai dari GOR Klebengan melewati jalan Affandi ke  selatan sampai depan RRI belok ke timur sampai simpang tiga Olifant lalu belok utara menuju jalan Kaswari berakhir ke kantor desa Caturtunggal.

Pamong berkuda dan dua buah kereta kencana mengawali jalannya kirab. Kereta kencana yang pertama di naiki Kepala desa Caturtunggal Agus Santoso SPsi beserta anak dan istri sedang kereta kencana kedua di naiki Camat Depok Drs Budiharjo dan istri. Di susul satu pasukan prajurit Kraton Yogyakarta dari bregodo patang puluh dan para peserta utusan dari berbagai elemen masyarakat dan potensi desa yang ada. Tak kurang 1500 orang peserta turut terlibat meramaikan jalanya kirab baik peserta dari perwakilan 20 padukuhan yang ada, Lembaga Desa, kelompok kesenian museum Affandi, perwakilan mahasiswa Papua, berbagai Universitas ternama yang masuk wilayah desa dll. Terlihat pula beberapa warga asing dengan berpakaian wayang orang. Tak ayal acara tersebut menarik antusias masyarakat banyak, hampir sepanjang rute perjalanan, masyarakat berkerumun di kanan kiri jalan untuk meyaksikan acara kirab budaya ini.

Menurut Agus Santoso acara tersebut 100% hasil  partisipasi masyarakat murni alias tidak menggunakan dana desa satu sen pun. Sedang soal gunungan cor Agus menerangkan kalau saat ini tidak bisa di pungkiri lagi keberadaan sebagian tanah di desanya dari yang semula sawah kini lambat laun berubah menjadi cor atau lahan beton.

Gunungan Kreasi Desa Caturtunggal (fajar)

Kini banyak gedung maupun berbagai industri berdiri di bekas tanah sawah tadi. Dari situlah ide awal di buatnya gunungan cor meski begitu dirinya tidak serta melupakan budaya yang ada, lebih lagi terkait keberadaan gunungan hasil bumi. Acara tersebut juga sebagai momen akbar, tanggal 19 April sebagai hari jadi desa Caturtunggal, dimana perlu di ketahui meski telah berumur 67 tahun baru kali ini 19 April dengan resmi ditetapkan sebagai hari jadi. Rapat Pleno penetapan sendiri telah berlangsung sehari sebelumnya.

Pada mulanya Desa Caturtunggal merupakan wilayah yang terdiri dari 5 (lima) kalurahan, yakni kalurahan Karangwuni, kalurahan Mrican, kalurahan Demangan, kalurahan Ambarukmo, dan kalurahan Kledokan. Berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kalurahan, maka lima kalurahan tersebut kemudian digabung menjadi satu dengan nama Desa Caturtunggal yang secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-daerah Kelurahan yang ditandatangani Sri Sultan HB IX. Puncaknya, usai acara doa bersama di teruskan dengan rayahan (rebutan) gunungan.

Dalam waktu sekejab gunungan telah ludes jadi rebutan masyarakat yang “tumplek blek” (campur jadi satu) hadir di balai desa. Serta makan tumpeng bersama hasil persembahan 20 padukuhan yang ada. (Fajar Rianto)

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post