Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Kabupaten Sleman Mulai Krisis Tenaga Pertanian

Diinformasikan bahwa dari sektor pertanian di Kabupaten Sleman kini mulai mengalami krisis tenaga kerja petani. Kondisi tersebut dikhawatirkan bakal berdampak pada pencapaian swasembada pangan di daerah setempat.

Janu Riyanto sebagai Ketua Kelompok Tani Rukun, Dusun Karang Kalasan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, mengungkapkan krisis tenaga pertanian ini mulai dirasakan petani di kelompoknya sejak beberapa tahun terakhir. Kondisi itu berpengaruh pada optimalisasi penggarapan lahan pertanian yang ada.

“Terutama tenaga tanam benih dan panen padi. Saat ini sudah mulai menyusut, sementara jika tiap petani menggarap sendiri lahannya masing-masing, tentu akan kewalahan,” ungkapnya, Kamis (16/4/2015).

Menurutnya, dengan kondisi seperti ini, petani di kelompoknya harus mendatangkan tenaga pertanian dari luar daerah. Kendati demikian, petani harus mengantre giliran dengan kelompok tani lainnya yang juga membutuhkan tenaga.

“Sehingga ada lahan yang mengalami keterlambatan dalam menggarapnya. Tapi mau bagaimana lagi, jika tidak mengandalkan tenaga tentu sangat sulit karena petani di sini masih menggarap sawah secara tradisional,” paparnya.

Ia juga menjelaskan kondisi ini dipengaruhi oleh tidak adanya regenerasi tenaga pertanian. Bahkan, usia tenaga pertanian yang paling muda di desanya adalah sekitar 50 tahun ke atas. Kondisi ini menunjukkan produktifitas tenaga pertanian semakin menurun.

“Jika saat musim tanam ataupun panen tiba, kami kesulitan mencari tenaga pertanian yang bisa membantu menggarap lahan,” ujarnya.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post