Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Dinzin Kota Yogyakarta Tak Pernah Keluarkan Izin Usaha Untuk Laundry

Semua usaha laundry yang ada di Kota Yogyakarta dapat dipastikan tidak memiliki izin usaha yang dikeluarkan oleh pihak Dinas Perizinan (Dinzin) Kota Yogyakarta. Pasalnya, Dinzin Kota Yogyakarta telah mengaku bahwa tidak pernah mengeluarkan perizinan untuk usaha laundry karena terkait dengan limbah kimia yang dihasilkan.

Setyono selaku Kepala Bidang Pelayanan Dinzin Kota Yogyakarta mengatakan bahwa selama ini ada beberapa pihak yang mengajukan izin untuk mendirikan usaha laundry, namun Dinzin akan langsung mengarahkannya ke Badan Lingkungan Hidup (BLH).

"Pendirian usaha laundry harus ada kajian lingkungan. Dan biasanya kami arahkan untuk langsung ke BLH‎ dulu," kata Setyono.

Meski demikian, jika pelaku usaha laundry mampu memenuhi kajian lingkungan dengan mengolah terlebih dahulu limbah yang dihasilkan, maka Dinzin Kota Yogyakarta bisa langsung mengeluarkan izin usaha laundry tanpa harus dioper ke BLH. Namun memang sejauh ini belum ada izin yang dikeluarkan oleh Dinzin Kota Yogyakarta.

Terkait hal tersebut, Kepala Sub Bidang Pemulihan Lingkungan BLH Kota Yogyakarta, Peter Lawoasal memaparkan bahwa berdasarkan data tahun 2012, dari 400an usaha laundry yang ada di Kota‎ Yogyakarta, hanya terdapat 80 usaha laundry yang memenuhi persyaratan pengolahan limbah.

BLH kota Yogyakarta sendiri sejak tahun kemarin telah membuat 20 alat pengolah limbah laundry yang dipinjampakaikan kepada 20 pengusaha laundry yang ada di Kota Yogyakarta. Sementara tahun ini, BLH akan membuat 20 alat lagi.

Alat pengolah limbah yang mencapai harga Rp5 juta per unit ini berfungsi untuk mengolah limbah laundry yang berupa deterjen dan fosfat, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

"Jika tidak diolah, deterjen akan menghasilkan kadar limbah 300 ribu miugram per liter. Namun alat ini bisa mengurangi kadar limbah menjadi 24 miugram per liter. Walaupun sebenarnya standart baku kadar limbah adalah 15 miugram per liter. Tapi paling tidak kami sudah mendekatinya," jelas Peter.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post