Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » 75 Desa Di Bantul Belum Beres APBDes, Pencairan ADD Terancam Batal

Target untuk pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) pada akhir April mendatang nampaknya tidak akan berjalan dengan mulus. Pasalnya, seperti yang telah diketahui, memasuki 10 hari terakhir bulan ini belum ada satupun desa di Kabupaten Bantul yang sudah membereskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang menjadi salah satu syarat utama pencairan ADD.

Terkait dengan hal tersebut telah dibenarkan oleh Suparman selaku Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perundang-Undangan, Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul,. Hingga saat ini, belum terdapat satu pun dari total 75 desa yang ada di kabupaten ini sudah menyelesaikan APBDes-nya.

"Pada awalnya ada 35 desa yang sudah menyelesaikan APBDes. Tapi karena ke luar regulasi baru, maka harus menyesuaikan dengan format yang baru pula," ungkap Suparman.

Aturan baru tersebut yakni Permendagri baru No. 113/2014 tentang pengelolaan keuangan desa, menggantikan Permendagri No. 37/2007. Berdasarkan aturan baru yang berlaku, saat ini APBDes tidak mengenal belanja langsung maupun tidak langsung.

Namun, seluruh belanja diarahkan untuk program kegiatan. Cepat atau lambatnya pencairan ADD katanya, bergantung pada kecepatan desa dalam menyelesaikan APBDes.

"Pemerintah tidak menarget harus selesai kapan. Kalau APBDes belum selesai, maka ADD juga tidak akan bisa cair," katanya.

Dari sisi sektor regulasi, ADD sebenarnya sudah siap untuk dicairkan. Karena, pekan kemarin Perda mengenai Penetapan Desa, Pedoman Organisasi Desa, serta Perda tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Lurah Desa sudah disahkan.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post