Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Sebanyak 27 Puskesmas Di Bantul Akan Segera Berstatus BULD

Tercatat ada sebanyak 27 puskesmas yang berada di Kabupaten Bantul bakal mengalami perubahan status yaitu dari Unit Pelyanan Teknis Daerah (UPTD) menjadi Badan Umum Layanan Daerah (BULD) pada tahun 2015 ini. Terkait dengan diubahnya status ini, diharapkan ke 27 puskesmas tersebut dapat lebih cepat dan tanggap dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi.

Maya Sintowati selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, mengungkapkan, tak jarang permasalahan kesehatan yang terjadi di masing-masing kecamatan dapat berubah dengan cepat. Dalam melakukan sebuah pelayanan, selama ini pihak puskesmas masih terkendala karena program yang diterapkan masih harus di bawah kendali Dinkes.

"Setelah berubah jadi BULD, untuk melaksanakan kegiatan yang terkait dengan perubahan masalah kesehatan tidak perlu menunggu perintah kami. Kalau dulu kan program apa yang sudah dibuat, ya itu yang akan dijalankan," papar Maya, Senin (2/3/2015).

Menurutnya, perubahan status tersebut akan menyebabkan munculnya kewenangan-kewenangan tertentu yang sifatnya fleksibel. Tetapi untuk membuat sebuah kewenangan baru, tentunya harus dilakukan kajian data dan analisis terlebih dahulu.

Maya mengatakan, kewenangan yang dimiliki Puskesmas setelah berubah status menjadi BULD hanya soal program-program yang terkait dengan perubahan kesehatan saja. Sedangkan untuk pegawai, tetap dilaksanakan sesuai prosedur yang selama ini telah dilaksanakan.

"Kewenangannya bukan termasuk soal pengangkatan pegawai. Masalah pegawai, tetap dengan mekanisme pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nanti perubahan di puskesmas tidak begitu banyak," tambahnya.

Persiapan untuk mengubah status puskesmas dari UPTD menjadi BULD ini sudah dilaksanakan semenjak 2012. Saat itu, diprediksi perubahan status akan terlaksana pada tahun 2014. Namun karena belum adanya kesiapan, akhirnya rencana itu baru dilaksanakan pada tahun ini.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post