Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Puskesmas Pembantu Di Bantul Bakal Ditutup Oleh Dinkes

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul telah memiliki rencana untuk menutup Puskesmas Pembantu (Pustu) yang kini sudah tidak diminati lagi oleh masyarakat mulai tahun 2015 ini. Memang saat ini masyarakat lebih suka datang ke Puskesmas induk yang fasilitasnya jelas lebih lengkap dan penanganan yang berkompeten.

Maya Sintowati sebagai Kepala Dinkes Bantul, menuturkan, kabupaten ini tercatat masih memiliki sekitar 67 Pustu. Namun sangat disayangkan, keberadaannya kurang berperan secara maksimal karena tidak banyak masyarakat yang berkunjung.

"Dulu kita sediakan Pustu agar lebih dekat dengan tempat tinggal masyarakat. Kalau sekarang ke Puskesmas induk saja sudah sangat mudah, bahkan hampir sebagian besar penduduk Bantul sudah punya sepeda motor," kata Maya, Minggu (8/3/2015).

Salah satu faktor yang menjadi alasan dan permasalahan ditutupnya Pustu tersebut adalah minimnya tenaga medis dan fasilitas kesehatan yang sangat kurang.

Keterbatasan tersebut juga mengakibatkan masyarakat lebih memilih datang ke Puskesmas induk karena disana segala sesuatunya lebih lengkap. Pada tahap pertama, Dinkes akan menutup sekitar 10 persen Pustu yang sepi peminat.

"Dilakukan secara bertahap. Yang akan kita tutup yang tingkat kunjungannya rendah. Kalau di Puskesmas induk kan warga bisa periksa ke dokter, mau cek darah di laboratorium juga ada. Nah kalau di Pustu warga terpaksa bolak-balik," tambahnya.

Sehubungan dengan penutupan Pustu ini, Maya sangat berharap peran Puskesmas induk menjadi lebih maksimal dan efisien. Selain itu, tenaga medis dari Pustu juga dapat dialihkan ke Puskesmas lain yang tingkat kunjungannya lebih tinggi dan intensif.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post