Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Kabapas Kelas I DIY: Perlu Gencarkan Sosialisasi UU SPPA

Di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) terdapat beberapa istilah baru yang tidak dikenal di dalam Undang- Undang Pengadilan Anak, diantaranya adalah diversi dan restorative justice.

Selama ini, istilah-istilah tersebut masih dianggap awam oleh masyarakat padahal ini sangat diperlukan andaikata seorang anak berhadapan aparat penegak hukum (APH). Demikian ungkap Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabapas Kelas I DIY), Hardjani Pudji Astini Bs IP. S. Sos saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa pagi (24/3/2015).  

Dalam hal berhadapan dengan hukum anak-anak menjadi tanggung jawab bersama antar aparat penegak hukum. Saat ini kita sedang gencar lakukan sosialisasi UU SPPA tersebut , diantaranya kita gelar di Sekolahan-sekolahan,kantor  Kecamatan bahkan sampai di desa-desa.  

Kenyataan dilapangan yang terjadi Istilah diversi masih sangat awam, dan masih saja si anak masih saja dipidanakan bahkan sampai disidangkan di Pengadilan Negeri. Diversi menurut UU SPPA yakni pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana, ini berlaku bagi anak yang diancam pidana sampai 7 tahun penjara. Kecuali bagi anak pelaku pembunuhan atau pun penganiayaan berat, diversi tidak diberlakukan.        

Dalam tahun 2015 ini telah digencarkan sosialisasi UU tersebut, dan untuk kegiatan kedepan telah kita susun rencana sosialisasi ini disesuakan dengan anggaran yang tersedia. "Perlu sinergi antar penegak hukum untuk penanganan anak yang terjerat kasus hukum , upaya diversi adalah sangat tepat andaikata hal tersebut terjadi sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup anak dengan solusi yang adil, " harapnya.

Penulis : Eko Purwono 

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post