Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Isu Bebas Visa Ke Indonesia Harus Dibarengi Timbal Balik

Wacana atau isu mengenai pihak pemerintah pusat yang akan memberikan bebas visa kepada 30 negara jika datang ke Indonesia perlu mendapat pertimbangan yang matang.

Edwin Ismedi Himna yang menjabat sebagai Ketua Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY mengungkapkan kebijakan pemberian bebas visa terhadap 30 negara tersebut harus juga dilakukan secara timbal balik. Hal ini diberlakukan agar tidak hanya Indonesia saja yang memberikan bebas visa, namun juga negara-negara terkait harus memberikan bebas visa juga kepada Indonesia.

"Jangan hanya memberikan bebas visa ke negara lain. Tapi harus ada juga timbal balik ke negara kita, bisa tidak negara kita juga mendapat bebas visa. Jadi hubungannya harus saling menguntungkan," kata Edwin.

Ia juga meminta kepada pemerintah agar membuat aturan perundang-undangan yang jelas mengenai hal tersebut. Meski di satu sisi pemberian bebas visa bisa berpotensi meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata, namun dari sisi negatifnya juga harus dipikirkan.

"Bisa saja dengan kebijakan ini, akan ada ancaman yang masuk ke Indonesia seperti misalnya ancaman teroris. Hal-hal seperti ini kan harus diantisipasi sejak awal. Nggak cuma dari sisi pariwisata yang dipikirkan, tetapi juga dari sisi keamanannya juga," lanjutnya.

Meski begitu, Edwin mengatakan dari sektor pariwisata kebijakan ini bisa jadi langkah yang baik untuk meningkatkan kunjungan pariwisata manca negara ke Yogyakarta. Menurut data yang ia paparkan, selama satu tahun kunjungan wisatawan asing ke Yogyakarta masih di bawah 200 ribu wisatawan. Dan wisatawan asing yang mengunjungi Yogyakarta paling banyak masih berasal dari Belanda, sebagian Eropa barat, Jepang, dan negara-negara Asean seperti Malaysia.

Persiapan yang wajib dilakukan pihak agen wisata antara lain harus bisa mempelajari karakter para wisatawan asing yang datang. Sebab masing-masing wisatawan memiliki cara pelayanan yang berbeda.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post