Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Berikut Alasan Mengapa Orang Sering Mengigau Saat Tidur

Mengigau merupakan hal yang lazim terjadi disaat orang sedang tertidur nyenyak dan memiliki mimpi saat tidur. Mengigau sendiri dikategorikan sebagai parasomnia yang merupkan tingkah laku abnormal atau luar biasa, semasa tidur. Keadaan itu amat biasa berlaku dan tidak dianggap sebagai masalah yang serius. 

Beberapa hal yang masuk dalam kategori mengiggau yakni berjalan sambil tidur, gigi yang menggiling pada saat tidur, sindrom kaki gelisah, anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, hingga berbicara sendiri juga termasuk di dalamnya.

PENYEBAB ORANG MENGIGAU

1. Stres
Stres merupakan salah satu faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stres dan mengigaunya menghilang ketika masalahnya terselesaikan.

2. Keturunan
Mengigau tampaknya juga turunan dari orang tua. Jadi, jika orangtua Anda suka mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa Anda juga akan mengigau.

3. Kurang Tidur
Waktu tidur yang sedikit meningkatkan resiko mengigau. Maka dari itu, jika tidak ingin pikiran-pikiran terdalam Anda terbongkar secara sukarela (apalagi jika Anda tidak tidur sendiri), pastikanlah jadwal tidur yang cukup.

4. Kafein dan Alkohol
Hindari mengkonsumsi alkohol dan kurangi bergaul dengan kafein. Jika sedang ada masalah, temukan aktifitas positif yang membantu Anda menghadapi stres dengan lebih baik, seperti yoga atau meditasi.

5. Sakit
Pada saat terserang demam tinggi, orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati depresi, skizofrenia dan obat nyeri.

APAKAH MENGIGAU DAPAT DIHILANGKAN?

Natalie Dautovic, calon profesor psikologi dari Universitas Alabama, AS, mengatakan salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan mengigau adalah dengan mempraktikkan pola tidur yang baik. 

"Perilaku yang Anda lakukan dalam sehari dan sebelum tidur akan mempengaruhi tidur Anda," katanya. 

Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya dan miliki jam tidur 7-9 jam setiap malam.

Mengurangi minuman beralkohol. "Alkohol dapat membantu orang merasa mengantuk dan mungkin membantu agar tidur dengan pulas. Namun memiliki efek yang dapat  mengganggu aktivitas tidur pada malam hari dan menyebabkan Anda terbangun serta membuat Anda tidak bisa tidur kembali," katanya.

Bagi banyak orang, kebiasaan mengigau saat hanya sementara. Terkadang hal tersebut dapat muncul kembali pada masa dewasa jika jadwal tidur tidak teratur.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post