Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Bapas Kelas I Yogyakarta Lakukan Bimbingan Bagi Klien

Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta gelar bimbingan kelompok bagi klien dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas 1 Yogyakarta, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, dan Kanwil DIY di gedung  Sasana Anglosita Tama komplek kantor kecamatan Depok Sleman, Kamis pagi (5/3/2015).

Dalam kesempatan tersebut dihadiri 30 klien atau mantan warga binaan, 3 diantaranya perempuan. Mereka diundang untuk mendengarkan bimbingan yang dihelat Bapas Kelas I Yogyakarta. Beberapa pembicara yang diundang pada kegiatan itu diantaranya Kasubdit Pembinaan dan penyuluhan Polda DIY AKP Heru Budi Santoso , Kasubdit Narkoba AKP Endang Sulistiantini dan  Kasi Dikyasa Ditlantas Polda DIY, Kompol Sulasmi.

Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta, Hardjani Pudji Astini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk pembinaan bagi klien Bapas kelas I Yogyakarta dengan menggandeng Polda DIY juga jajaran  Kecamatan Depok Sleman.


"Kegiatan penyuluhan ini merupakan agenda tahunan dengan melibatkan Polda DIY. Bimbingan dan  penyuluhan ini lebih ditekankan pada klien yg ada diwilayah masing-masing. Klien Pemasyarakatan adalah warga binaan pemasyarakatan yang berada dalam bimbingan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta diantaranya bagi yg telah menjalani pidana bersyarat, pembebasan bersyarat (PB), cuti menjelang Bebas (CMB), diversi dan bimbingan lanjut." ujarnya.

Sementara itu, jumlah yang telah terdaftar dalam wilayah bimbingan Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulonprogo dan Kota Jogja sebanyak 300 klien terdiri dewasa dan anak-anak. Pada bulan Maret 2015 ini akan dibuka program kemandirian berupa pelatihan Pengelasan, Komputer dan Sablon. Khusus yang masih dibawah umur (anak-anak) akan dibekali materi kepribadian, bimbingan mental dan komputer.  Selain itu saat ini telah dijalankan  juga  pembimbingan yang sifatnya  'home visit' dengan cara  mendatangi kerumah klien. Program yang sifatnya penyuluhan juga kita lakukan dengan menggelar penyuluhan kadarkum depada masyarakat dan di lingkungan sekolah.

"Dengan kegiatan semacam ini  diharapkan bisa menambah wawasan bagi  klien Bapas kelas I Yogyakarta  agar bisa berkarya dan  bermasyarakat l dengan lebih baik serta tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah dijalani. Tak lepas dari itu dengan intensifnya pembinaan ini  bisa juga meningkatkan kinerja  petugas Bapas dalam menjalankan ketugasannya," harap Hardjani.

Salah satu klien (mantan binaan) yang enggan disebut namanya menyambut baik kegiatan ini."Saya pernah menjalani pembinaan di Lapas Narkoba Grasia Pakem selama 19 bulan. Dengan adanya acara ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi saya," singkatnya.  

Camat Depok, Budiharjo yang turut hadir kesempatan itu menyambut baik kegiatan itu. "Adanya bimbingan ini di gedung baru ini kami berharap akan menjadi motivasi dan modal untuk mengembangkan kemampuan diri sehingga tidak terjerat lagi dalam suatu 'kesalahan' masa lalu," kata Budiharjo. 

Pada akhir acara dilakukan pula pemberian cinderamata dari Pihak Bapas kepada jajaran Polda DIY. Juga pemberian secara simbolis Helm stardar SNI oleh Kompol Sulasmi kepada mantan warga binaan sebagai duta kepeloporan berlalu lintas. 

Penulis: Eko Purwono

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post