Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Warga Hasilkan 2,65 Liter Sampah Per Hari Di Sleman

Indra Darmawan selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan BLH Sleman mengungkapkan bahwa kuota sampah yang berada di wilayah Sleman terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Ia mengklaim bahwa dalam sehari, setiap orang menghasilkan setidaknya 2,65 liter sampah.

"Jumlah ini dikalikan dengan sekitar 1,1 juta penduduk Sleman, belum lagi jika ditambahkan pendatang. Jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya,” ungkapnya, Jumat (20/2/2015).

Okupansi jumlah sampah tersebut tidak sebanding dengan jumlah Kelompok Pengelolaan Sampah Mandiri (KPSM) yang sudah terbentuk di 17 wilayah kecamatan, yaitu 130 kelompok. Padahal dengan adanya KPSM, sampah yang dikirimkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan dapat ditekan.

“Hampir 80 persen sampah yang dikelola oleh KPSM dapat dimanfaatkan kembali sekaligus memiliki nilai jual sampah,” ujarnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan dengan potensi sebesar itu, maka diharapkan masyarakat di tiap lingkup RT maupun RW bisa membentuk kelompok tersebut. Ia optimis apabila KPSM sudah bisa terbentuk di tiap RT dan RW, maka permasalahan sampah dapat ditanggulangi.

“Bahkan kami yakin apabila KPSM sudah terbentuk di semua RT/RW, Sleman tidak perlu lagi membuang sampah ke TPA. Hal ini dikarenakan sampah rumah tangga sudah habis termanfaatkan di masing-masing kelompok,” katanya.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post