Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Perlu Sinergi Berbagai Pihak Dalam Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan

Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) berperan sangat penting dalam rangka penjaminan mutu dan keamanan pangan. OKKP adalah unit kerja di Kementrian Pertanian atau pemerintah daerah yang sesuai tugas dan fungsinya diberikan kewenangan untuk melaksanakan pengawasan produk pangan dan penerapan jaminan mutu dan keamanan pangan. 

Hal tersebut disampaikan Dirjen Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Yusni Emilia Harahap saat membuka  Rapat koordinasi pengembangan OKKP -D dan perencanaan teknis kegitan penerapan dan pengawasan lapangan mutu dan keamanan pangan di  wisma LPP Demangan, Caturtunggal , Senin (23/2/2015).

Lebih lanjut dikatakan bahwa sampai saat ini sudah dibentuk OKKP-D yang berkedudukan di provinsi dengan penunjukan Gubernur, 33 OKKP - D sudah ditetapkan, 25 diantaranya telah diverifikasi OKKP pusat. Kewenangan menjalankan tugas  dan fungsi pengawasan melalui registrasi produk segar asal tumbuhan, registrasi rumah kemas sertifikasi keamanan pangan maupun rekomendasi ekspor sesua ruang lingkupnya. 


"Saat ini sudah dilakukan nota kesepahaman antar 5 kementerian terkait yakni Kementerian Perdagangan, Keuangan, Pertanian, Kelautan. dan perikanan dan Badan POM tentang kerjasama pengawasan barang beredar dilarang di tempat pemasukan dan pengeluaran serta pengawasan barang beredar dipasar, dengan ditandatangani dan disyahkan oleh oleh 9 unit eselon I." ujarnya.

Terkait beredarnya apel impor bermasalah baru -baru ini dirinya mengapresiasi atas kerja OKKP-D yang turut andil dalam merespon hal itu selain juga adanya peran serta masyarakat. "Saat ini peredaran apel impor yang bermasalah tersebut sudah kami hentikan," tutupnya.

Acara Rapat Koordinasi pengembangan OKKP-D dan perencanaan teknis kegiatan pengawasan/ penerapan mutu dan keamanan pangan (dekon -(TPY) Kementerian Pertanian RI berlangsung selama tiga hari mulai 22-24 Februari 2015 di Wisma LPP Demangan Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. Dibuka secara resmi oleh Yusni Emilia Harahap selaku Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementrian Pertanian.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post